5 Sayuran yang Perlu dikonsumsi Setiap Hari

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 20/06/2022 19:01 WIB
5 Sayuran yang Perlu dikonsumsi Setiap Hari Aneka Bumbu, Buah dan Sayuran (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kita semua tahu bahwa sayuran adalah bagian penting dari kesehatan tubuh. Tidak hanya kaya akan vitamin, mineral, dan serat, tetapi sayuran juga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam hampir setiap jenis makanan.

Baik kamu mencampurnya dengan menjadi telur dadar, memadukannya menjadi smoothie, atau memasukkannya ke dalam burritos, sayuran hijau ini merupakan alat yang sempurna untuk menambahkan nutrisi ke segala jenis hidangan apa pun.

Lantas apa saja kelima sayuran ini? Mengutip Eat This Not That ada lima sayuran yang sifatnya harus kamu konsumsi setiap harinya. Simak sampai akhir ya!

 

1. Pok Choy

 

 

Pok choy adalah jenis sayuran silangan yang masih satu keluarga dengan brokoli, kubis Brussel, dan kubis.

Para ilmuwan telah mempelajari manfaat sayuran silangan yang memiliki kandungan antikankernya. Efek ini tampaknya berasal dari senyawa yang mengandung belerang, yang disebut glukosinolat, dan produk penguraiannya, yang disebut isothiocyanate.

"Sayuran silangan mengurangi risiko kanker dan mengandung nutrisi penangkal karsinogen seperti vitamin C, E, beta-karoten, folat, dan selenium, yang telah terbukti memperlambat pertumbuhan tumor," kata The Nutrition Twins.

Selain dikemas dengan vitamin dan mineral pembentuk tulang seperti kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan vitamin K, Pok Choy juga memiliki kandungan  quercetin—flavonoid yang mampu mengurangi peradangan dan perlindungan terhadap penyakit kronis.

 

 

2. Kecambah

 

 

Kecambah mungkin harus jadi salah satu sayuran yang wajib anda konsumsi .

 

Pasalnya brokoli ini mengandung sekitar 100 kali lipat glukoraphanin dari yang biasanya dikandung oleh brokoli. Kandungan itu berfungsi untuk mendukung kesehatan mental dan otak.

Sulforaphane dalam tanaman ini juga dapat melindungi terhadap kondisi otak tertentu, termasuk stroke otak, Alzheimer dan penyakit Parkinson, serta memperbaiki gejala gangguan spektrum autisme tertentu.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sulforaphane dapat melindungi sel-sel otak dan meningkatkan gangguan mental seperti kehilangan memori. Sulforaphane juga melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya. Terakhir, sulforaphane meningkatkan karakteristik perilaku ASD yang mungkin juga terkait dengan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh stres.

 

 

3. Selada air

 

 

Selada air sempat dinobatkan sebagai sayuran dengan nutrisi terpadat. Ini ditulis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dalam daftar peringkat sayuran bernutrisi.

Ilmuwan telah meneliti bahwa selada air mengandung nutrisi paling banyak dalam jumlah kalori paling sedikit. Oleh karena itu, hijau ini sangat membantu dalam pencegahan penyakit dan penurunan berat badan.

Selain itu, The Nutrition Twins menyoroti bahwa selada air mengandung serat yang meningkatkan pencernaan, vitamin C yang mendukung kekebalan tubuh, glukosinat pencegah penyakit, dan banyak lagi.

"Salah satu yang menonjol dalam pembangkit tenaga listrik ini adalah vitamin K nya , nutrisi penting yang sangat penting (dan diabaikan) untuk kesehatan tulang," kata The Nutrition Twins. "Hanya satu cangkir (34 gram) selada air menyediakan lebih dari 100% [asupan harian yang direkomendasikan] untuk vitamin K."

Dengan sayuran hijau yang sangat serbaguna ini, Nutrition Twins merekomendasikan untuk menambahkannya ke salad, sup, tumisan, dan bahkan pizza.

 

 

4. Bayam

 

 

Bayam adalah sayuran penuh dengan karotenoid, yang membantu "menyapu" radikal bebas yang dikenal sebagai penyebab kerusakan sel.

Penelitian telah membuktikan bahwa sayuran berdaun hijau ini melindungi terhadap kanker perut, usus besar, mulut, dan kerongkongan.

Sebagai sumber potasium yang kaya, bayam telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, sementara kandungan luteinnya dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif. Dan di luar manfaat nutrisinya, sayuran ini menawarkan profil rasa yang serbaguna.

"Bayam sangat ringan seperti bunglon, dan dapat dicampur ke dalam makanan seperti smoothie dan tidak terdeteksi, menjadikannya sayuran yang sempurna untuk orang yang kesulitan menikmati sayuran hijau," kata The Nutrition Twins.

 

 

5. Bunga Dandelion Hijau

 

 

Tidak banyak yang menyangka bahwa tanaman dandelion adalah sejenis tanaman herbal. Ia memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes dan hipertensi.

Penuh dengan antioksidan seperti beta karoten, dandelion hijau telah terbukti melindungi terhadap kerusakan sel, yang pada akhirnya dapat membantu menangkis penyakit kronis. Plus, sumber lutein dan zeaxanthin yang kaya mendukung kesehatan mata, sementara kandungan vitamin C dan K mereka membantu meningkatkan kesehatan tulang. Dan tidak hanya itu yang bisa dilakukan oleh sayuran berdaun hijau ini.


Berita Terkait :