Gado-gado dan Tarian Tradisional Indonesia Diperkenalkan di Bazar Prancis

Neli Elislah | Selasa, 28/09/2021 12:20 WIB
Gado-gado dan Tarian Tradisional Indonesia Diperkenalkan di Bazar Prancis Gado-gado di Bazar Prancis (foto: KBRI Marseille)

RADARBANGSA.COM - Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI), Marseille kembali mengadakan Bazar Indonesia untuk mempromosikan produk-produk Indonesia berupa kuliner, tekstil tradisional hingga kerajinan, 25 September 2021.

Di Bazar Indonesia, para pengunjung dapat menikmati masakan khas dan populer Indonesia, serta bertemu dengan beberapa pengusaha Indonesia yang beraktivitas di wilayah selatan Prancis.

Konsul Jenderal RI di Marseille, Arief, menyampaikan bahwa persiapan penyelenggaraan Bazar Indonesia tahun ini tidak mudah karena harus mempertimbangkan kondisi pendemi Covid 19 serta mengikuti bebagai aturan setempat terkait protokol kesehatan.

Namun lebih lanjut bapak Arief menyebutkan bahwa krisis Covid-19 tidak mungkin terus menerus menjadi penghalang kegiatan yang sudah lama ditunggu oleh masyarakat Indonesia.

Bazar Indonesia diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setidaknya 400 orang telah mengunjungi 7 stand kuliner dan 4 stand kerajinan yang ada.

Diantara pengunjung yang datang adalah Jenderal Pascal FACON, Gubernur Militer Marseille dan  Komandan Zona Pertahanan dan Keamanan wilayah Selatan Prancis, serta para Konsul Jenderal negara sahabat.

Bazar Indonesia ini merupakan salah satu kegiatan utama KJRI Marseille yang telah diadakan sejak 14 tahun yang lalu. Tujuan utamanya adalah sebagai arena temu kangen untuk warga negara Indonesia beserta kerabat dan keluarga yang tinggal di wilayah kerja KJRI Marseille.

Selain itu, acara Bazar Indonesia merupakan bentuk upaya KJRI Marseille untuk memperkenalkan budaya Indonesia terutama di sektor kuliner dan kerajinan tradisionalnya kepada masyarakat di Prancis.

Sebagai etalase Indonesia dan untuk menunjukkan kekayaan budaya Indonesia, dalam kegiatan Bazar telah disuguhkan tarian tradisional dari Jawa Barat serta lagu-lagu pop Indonesia yang disambut dengan antusiasme oleh para pengunjung.

Di penghujung acara dinobatkan stand makanan terbaik Bazar tahun ini yang diberikan kepada Eny Dousso yang menyuguhkan hidangan gado-gado dan rujak buah.


Berita Terkait :