Festival Pesona Budaya Minangkabau: 1018 Gelas Kawa Daun Siap Pecahkan Rekor MURI

Rahmad Novandri | Kamis, 08/11/2018 21:41 WIB
Festival Pesona Budaya Minangkabau: 1018 Gelas Kawa Daun Siap Pecahkan Rekor MURI Kopi Kawa Daun (Tanah Datar, Sumatera Barat). (Foto: voxpopid)

BATUSANGKAR, RADARBANGSA.COM - Sebanyak 1.018 gelas kawa daun dipersiapkan untuk merai rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam Festival Pesona Budaya Minangkabau tahun 2018. Kawa daun merupakan minuman tradisional dafi Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Adapun pemecahan rekor tersebut dalam hal meminum kopi kawa daun terbanyak pada pembukaan event Pariwisata yang akan digelar pada akhir November mendatang. "Pada pembukaan Festival Pesona Budaya Minangkabau nanti, kita akan menyiapkan sebanyak 1.018 gelas kawa daun," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tanah Datar, Abdul Hakim di Batusangkar, Kamis, 8 November 2018.

Ia menerangkan bahwa festival tersebut akan berlangsung selama empat hari yang dimulai tanggal 28 November hingga 2 Desember 2018. Sejumlah kegiatan telah dipersiapkan penyelenggara untuk memeriahkan festival itu.

Ia juga mengungkapkan bahwa kopi kawa daun dipilih karena minuman tersebut merupakan salah satu kuliner dari Tanah Datar dan sudah ada sejak dulu. Kopi kawa daun terbuat dari daun kopi yang sebelumnya sudah diasapi sampai kering dan kemudian baru direbus untuk kemudian airnya dapat diminum.

Selain itu, dalam hal penyajian kopi kawa daun tidak menggunakan gelas maupun cangkir sebagai wadahnya, tapi menggunakan wadah unik yakni dari tempurung atau batok kelapa.

"Salah satu keunikan dari kawa daun adalah dalam hal penyajian, minuman tradisional ini disajikan dalam wadah dari tempurung kelapa," pungkasnya. 


Berita Terkait :