Doa Agar Terlepas dari Utang dan Bingung

Neli Elislah | Selasa, 14/09/2021 20:28 WIB
Doa Agar Terlepas dari Utang dan Bingung Illustrasi Orang Menanggung Utang (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketika kita memiliki utang seringkali dibarengi dengan perasaan tidak tenang dan bingung. Karena utang adalah beban yang bisa membebani kita hingga berlanjut ke akhirat.

Karena itu menurut Siti Aisyah, rasulullah SAW selalu berlindung pada Allah SWT agar telepas dari jeratan utang dalam riwayat al-Humaidi dalam Musnad-nya nomor 246.

Salah satunya cara berikhtiar untuk melunasi utang adalah berdoa. Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa kepada seorang sahabat Anshar, yang diriwayatkan Abu Dawus nomor hadis 1555, berikut ini:

Mengutip NU Online, disebutkan oleh Abu Sa‘id al-Khudri, pada suatu hari, Rasulullah ﷺ masuk ke masjid. Ternyata di sana sudah ada seorang laki-laki Anshar yang bernama Abu Umamah. Beliau kemudian menyapanya, “Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?” Abu Umamah menjawab, “Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul.” Beliau kembali bertanya, “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?” Umamah menjawab, “Tentu, ya Rasul.” Beliau melanjutkan, “Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah:”     

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

[Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”     

Abu Umamah menuturkan, “Setelah aku mengamalkan doa itu, Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberi kemampuan melunasi utang.” 

Berikut adalah doa dari Rasulullah ﷺ agar kita bisa terlepas dari lilitan utang dengan segala rasa ketakutan, kesusahan, kelemahan, kekikiran, dan seterusnya.