Siapkan Diri Pada 23 Ramadan, Menyambut Lailatul Qadar

Neli Elislah | Selasa, 04/05/2021 12:30 WIB
Siapkan Diri Pada 23 Ramadan, Menyambut Lailatul Qadar Bulan

RADARBANGSA.COM - Setiap umat Islam pasti ingin menjumpai Lailatul Qadar pada akhir bulan Ramadan. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menganjurkan untuk mengharap agar diberikan anugerah Lailatul Qadar pada bulan yang sepuluh pertamanya adalah rahmat, sepuluh keduanya adalah ampunan, dan sepuluh akhirnya adalah bebas neraka. Walaupun tidak ada yang menegtahui secraa pasti kapan terjadinya Lailatu Qadar kecuali Allah SWT. Namun, kitab Sahih Al-Bukhari dan Muslim disebutkan, dari Aisyah radliyallahu anha, ia berkata:

كَانَ رَسُوْلُ الله إِذَا دَخَلَ العَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ وَأَحْيَا لَيْلَهُ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ{ هذا لفظ البخاري}

“Bila masuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengencangkan kainnya (menjauhkan diri dari menggauli istrinya), menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.”

Dalam riwayat lain, Imam Muslim meriwayatkan dari Aisyah radliyallahu anha:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ يَجْتَهِدُ فِيْ العَشْرِ الأَوَاخِرِ مَالاَ يَجْتَهِدُ فِيْ غَيْرِهِ

“Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersungguh-sungguh dalam sepuluh hari akhir bulan Ramadan, hal yang tidak beliau lakukan pada bulan lainnya.” (HR Muslim)

Mengutip nu online, Para ulama meneliti melalui pengalaman mereka dalam menemukan Lailatul Qadar. Menurut keterangan Fathul Qarib, Hasyiah Al-Bajury, dan Fathul Muin beserta `Ianatut Thalibin, Imam Syafii menyatakan bahwa Lailatul Qadar terdapat pada sepuluh akhir Ramadan, lebih tepatnya pada malam ganjilnya, dan paling diharap ketepannya adalah pada malam 21, atau 23 Ramadan.

Dijelaskan Lailatul Qadar ada pada malam-malam ganjil oleh Aisyah radliyallahu ‘anha:

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِفِي الْوِتْرِمِنَ الْعَشْرِالْأَوَاخِرِمِنْ رَمَضَانَ

“Carilah Lailatul Qadar itu pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan)”. (HR. Al-Bukhari dari Aisyah radliyallahu ‘anha)

Dan lebih khusus dijelaskan pada tujuh hari yang tersisa dari bulan Ramadan, dalam riwayat Muslim dengan lafal:

الْتَمِسُوهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ يَعْنِي لَيْلَةَ الْقَدْرِ فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلَا يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِي

“Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh hari terakhir, jika salah seorang dari kalian merasa lemah atau tidak mampu, maka janganlah sampai terlewatkan tujuh hari yang tersisa dari bulan Ramadan.” (HR. Muslim dari Ibnu ‘Umar radliyallahu ‘anhuma)

Dan lebih merinci terkhususkan adalah malam 27 sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang Lailatul Qadar:

لَيْلَةُ سَبْع وَعِشْرِيْنَ

“(Dia adalah) malam ke-27.” (HR. Abu Dawud, dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan radliyallahu ‘anhuma, dalam Sahih Sunan Abi Dawud.)

Sahabat Ubay bin Ka’b radliyallahu ‘anhu menegaskan:

والله إني لأعلمها وأكثر علمي هي الليلة التي أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم بقيامها هي ليلة سبع وعشرين

"Demi Allah, sungguh aku mengetahui malam (Lailatul Qadar) tersebut. Puncak ilmuku bahwa malam tersebut adalah malam yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami untuk menegakkan salat padanya, yaitu malam ke-27." (HR. Muslim)

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Lailatul Qadar terdapat pada sepuluh akhir Ramadan, terutama pada malam tanggal ganjil. Disebutkan dalam hadis Abu Dzar:

أَنَّهُ قَامَ بِهِمْ لَيْلَةَ ثَلاَثٍ وَعِشْرِيْنَ، وَخَمْسٍ وَعِشْرِيْنَ، وَسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ، وَذَكَرَ أَنَّهُ دَعَا أَهْلَهُ وَنِسَاءَهُ لَيْلَةَ سَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ خَاصَّةً

“Bahwasanya Rasulullah melakukan salat bersama mereka (para sahabat) pada malam dua puluh tiga (23), dua puluh lima (25), dan dua puluh tujuh (27) dan disebutkan bahwasanya beliau mengajak salat keluarga dan istri-istrinya pada malam dua puluh tujuh (27).”

Dengan keterangan penjelasan di atas sebaiknya kita terus mencari Lailatul Qadar yang penuh kemuliaan, di malam atau tanggal apa dan mana pun, dan terutama pada malam ganjil, dan terutama pada malam-malam sepuluh akhir Ramadan, dan terutama lagi pada malam ganjil di sepuluh akhir Ramadan. 

 


Berita Terkait :