Khataman Alquran Selama Ramadan

Neli Elislah | Jum'at, 16/04/2021 12:40 WIB
Khataman Alquran Selama Ramadan Membaca Alquran (foto:nu.or.id)

RADARBANGSA.COM - Kurang lengkap rasanya jika tidak mengisi bulan suci ramadan dengan beribadah membaca Alquran. Tradisi mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan bukan lah tidak ada sebab. Bulan Ramadan adalah bulan di mana diturunkannya Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, sehingga di bulan suci Ramadan ini juga dikenal sebagai bulan Alquran.

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ   

Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). 

Selain itu banyak hadis Rasulullah SAW yang menjelaskan keutamaan membaca Alquran, diantaranya adalah:

 

عن ابن مسعودٍ رضيَ اللَّه عنهُ قالَ : قال رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : منْ قرأَ حرْفاً مِنْ كتاب اللَّهِ فلَهُ حسنَةٌ ، والحسنَةُ بِعشرِ أَمثَالِهَا لا أَقول : الم حَرفٌ ، وَلكِن : أَلِفٌ حرْفٌ، ولامٌ حرْفٌ ، ومِيَمٌ حرْفٌ » رواه الترمذي وقال : حديث حسن صحيح. 

Artinya: "Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan aku tidak mengatakan “Alif Laam Miim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tirmidzi dan disahihkan di dalam kitab Sahih Al Jami’, No. 6469)

Walaupun membaca Alquran bukanlah ibadah utama yang hukumnya wajib dijalankan di bulan Ramadan, banyak umat Islam yang berusaha untuk mengkhatamkan Alquran. Mengkhatamkan Alquran sebaiknya tidak mengganggu waktu ibadah wajib pada bulan Ramadan yaitu berpuasa.

Rasulullah SAW melarang untuk mengkhatamkan Alquran dalam waktu yang terlalu cepat sehingga terburu-buru ketika membacanya. Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Amru bin Ash, dari Rasulullah SAW., beliau berkata, “Puasalah tiga hari dalam satu bulan.” Aku berkata, “Aku mampu untuk lebih banyak dari itu, wahai Rasulullah SAW.” Namun beliau tetap melarang, hingga akhirnya beliau mengatakan, “Puasalah sehari dan berbukalah sehari, dan bacalah Alquran (khatamkanlah) dalam sebulan.” Aku berkata, “Aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah SAW?” Beliau terus melarang hingga batas tiga hari. (HR. Bukhari)

“Mengkhatamkan Alquran kurang dari tiga hari, ditakutkan pembacanya tidak bisa memahami dan menghayati kandungan dari Alquran,” (HR. Bukhari).

Tips untuk mengkahatamkan Alquran di bulan Ramadan, pertama adalah menggunakan jumlah juzdalam Mushaf Alquran. Jika dalam satu hari dibaca 1 juz maka dalam satu bulan akan tercpai target khatam Alquran. Membaca satu Juz dalam satu hari bisa dibagi lagi, membaca 2 lembar Alquran sehabis melaksanakan salat wajib lima waktu, sehingga akan tercapai target membaca satu Juz untuk satu hari. 

Lalu bagaimana tips bagi wanita yang sedang dalam siklus menstruasi?, Baiknya untuk membaca Alquran tiap harinya sebanyak 1,5 juz atau 2 juz dalam satu hari. Hal tersebut bisa menjadi simpanan agar siap ketika siklus menstruasi datang, dan tetap bisa mengkhatamkan Alquran.

 

 

 


Berita Terkait :