Tidak Semua Ibadah Baik Dilakukan di Masjid

Neli Elislah | Selasa, 16/03/2021 16:54 WIB
Tidak Semua Ibadah Baik Dilakukan di Masjid ibadah di Masjid (sumber:nu.or.id)

 RADARBANGSA.COM - Masjid adalah tempat suci yang mulia. Terdapat beberapa ibadah yang sunah jika dilakukan di masjid dan pastinya memiliki nilai yang lebih, seperti salat wajib berjamaah, salat tahiyatul masjid dan itikaf. Namun, ada beberapa ibadah yang sebaiknya tidak dilakukan di masjid. Salah satu hikmah yang bisa diambil, bila ibadah sunah dilakukan didalam rumah adalah tersembunyi dari pandangan masyarakat sehingga menghindari sikap riya.

Hadis Rasulullah SAW, diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit mengatakan:

عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: عَلَيْكُمْ بِالصَّلَاةِ فِي بُيُوتِكُمْ، فَإِنَّ خَيْرَ صَلَاةِ الْمَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الْجَمَاعَةَ

Artinya: “Lakukan selalu salat di dalam rumah-rumah kalian. Sesungguhnya sebaik-baik salat seseorang adalah ketika dilaksanakan di rumahnya sendiri kecuali salat jamaah. (Sunan Ad-Dârimî: 1406)

Melakukan Ibadah di rumah menjadi penting, karena jika semua ibadah dilakukan di masjid, rumah akan menjadi kering dan juah dari keberkahan ibadah di dalamnya. Karena jika ibadah dilakukan di dalam suatu rumah, rumah akan didatangi malaikat-malaikat baik.

Sayidinah Aisyah pernah bercerita bahwa Rasulullah SAW pernah mendaras (membaca Alquran dengan lantang) di pangkuan Sayidinah Aisyah. Ketika itu Aisyah sedang haid dan tidak berada di masjid. Kata Aisyah “Rasulullah SAW tiduran di pangkuanku padahal aku sedang haid, kemudian Rasulullah membaca Alquran.” (HR Bukhari: 297)

Rasulullah SAW juga pernah berpesan untuk rumah-rumah tidak dijadikan kuburan. Rumah yang tidak pernah dibacakan Alquran, tidak bersinar sama sekali. Kosong akan Nur (cahaya), gelap gulita. Karena jika gelap, setan akan menempati rumah tersebut dengan nyaman, namun dengan bacaan ayat Alquran setan tersebut akan lari. Hadis Rasulullah SAW riwayat Abu Hurairah menyebutkan:

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya: “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan Surat al-Baqarah.” (HR Muslim: 780)

Rasulullah juga berpesan di dalam hadis lain riwayat al-Baihaqi:

نَوِّرُوْا بُيُوْتَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ 

Artinya: “Terangilah rumah-rumah kalian dengan salat dan membaca Alquran.” (HR: al-Baihaqi)