Dubes Singapura: NU Berperan Besar Menjaga Indonesia

Rahmad Novandri | Senin, 30/07/2018 20:31 WIB
Dubes Singapura: NU Berperan Besar Menjaga Indonesia Duta Besar Singapura H.E. Anil Kumar Nayar menyampaikan sambutan dalam pertemuan dengan PCNU Banyuwangi, Senin (30/7). (Foto: NU Online)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Peran Nahdlatul Ulama (NU) menjaga bangsa Indonesia teah diakui oleh negara-negara di dunia. Duta Besar Singapura untuk Indonesia H.E Anil Kumar Nayar mengapresiasi peran-peran kebangsaan yang dilakukan oleh NU.

Menurutnya, sebagai organisasi keagamaan, Ormas Islam terbesar di Indonesia itu berhasil menyatukan antara nilai-nilai keislaman dan nasionalisme. Hal itu disampaikan Dubes Singapura saat menghadiri pertemuan dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, Senin, 30 Juli 2018.

"Nahdlatul Ulama memiliki peran besar dalam menjaga Indonesia. Mampu mengajarkan nilai-nilai keislaman dan tidak bertentangan dengan Pancasila," ujarnya seperti dikutip dari nu.or.id.

Peran penting NU tersebut, lanjut Anil, perlu terus dipertahankan guna membangun sinergitas dan keamanan di kawasan Asia Tenggara. Bahkan kalau perlu, ungkapnya, perlu diperluas lagi jangkauannya.

"Peran-peran tersebut perlu terus diperbesar daya jaungkauannya," ucapnya.

Sementara, Ketua PCNU Banyuwangi Muhammad Ali Makki menegaskan bahwa pandangan NU terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan. Baginya, NU telah tegas dalam mengatur interaksinya dalam berbagai kalangan.

"Di NU itu, ada empat macam persaudaraan. Diantaranya adalah Ukhuwah Bashariyah. Persaudaraan sebagai sesama umat manusia. Dari Ukhuwah Bashariyah itu, NU tak lagi memandang dari mana, asal negara, suku bangsa, semuanya adalah saudara," jelas pria yang akrab disapa Gus Makki itu.


Berita Terkait :