Tips Merawat Gigi Sehat dan Bersih, Tak Cukup Hanya Sikat Gigi

Rahmad Novandri | Rabu, 24/01/2024 09:21 WIB
Tips Merawat Gigi Sehat dan Bersih, Tak Cukup Hanya Sikat Gigi Ilustrasi sikat gigi. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM - Memiliki gigi bersih menjadi salah satu kunci kesehatan. Dengan gigi yang bersih dan sehat maka napas pun akan menjadi segar. Untuk itu, penting sekali merawat gigi demi menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Sayangnya hingga saat ini masih banyak orang merasa sudah puas merawat gigi hanya dengan menggosok gigi setiap hari. Padahal hal tersebut tidak cukup. Plak adalah lapisan bakteri tak kasat mata yang menempel di gigi dan gusi.

1. Sikat gigi dua kali sehari

American Dental Association merekomendasikan Anda menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluorida. Sebagaimana yang diketahui, fluorida terjadi secara alami dan telah lama dikenal manfaatnya bagi kesehatan mulut. Faktanya, banyak kota yang memiliki air minum berfluoride untuk membantu mengurangi gigi berlubang.

2. Membersihkan gigi sehari sekali menggunakan benang

Plak suka bersembunyi di tempat yang tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk membersihkan gigi dengan benang sekali sehari untuk menghilangkan plak yang bersembunyi di sela-sela gigi dan sepanjang garis gusi.

3. Gunakan obat kumur sekali sehari

Kami merekomendasikan penggunaan obat kumur berfluorida untuk membantu memperkuat enamel gigi. Menggunakan obat kumur membantu membersihkan sisa plak atau partikel makanan yang tertinggal setelah menyikat gigi dan menggunakan benang gigi.

4. Hindari merokok, mengunyah tembakau, dan mengonsumsi alkohol

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang paling merugikan kesehatan mulut Anda. Merokok menyebabkan perubahan warna gigi, penumpukan plak/karang gigi, penyakit gusi, gigi tanggal, dan kanker mulut. Selain itu, hal ini mengurangi kemampuan mulut Anda untuk pulih setelah cedera.

Mirip dengan penggunaan tembakau, Alkohol dapat berdampak buruk bagi kesehatan mulut Anda. Alkohol mengeringkan mulut Anda, mengurangi produksi air liur yang memungkinkan bakteri dan plak berkembang biak.

5. Kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan sekali

Kami menyarankan Anda melakukan pembersihan gigi dan pemeriksaan mulut setiap 6 bulan untuk melindungi kesehatan mulut Anda. Selama pembersihan gigi, salah satu ahli kesehatan gigi kami akan dapat mengikis plak dan karang gigi dengan lembut.

Setelah plak mengeras menjadi karang gigi, plak hanya dapat dihilangkan oleh dokter gigi profesional. Jika tidak diobati, penumpukan karang gigi meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.


Berita Terkait :