Manfaat Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari Saat Perut Kosong

Rahmad Novandri | Selasa, 16/01/2024 21:55 WIB
Manfaat Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari Saat Perut Kosong ilustrasi air minum (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Minum air putih sangat dianjurkan untuk kesehatan. Saat bangun tidur, kita dianjurkan untuk langsung meminum air putih. 

Hal ini untuk mengembalikan cairan yang hilang, karena saat tidur tubuh tidak memperoleh cairan sama sekali. Namun ternyata, alangkah baiknya jika kita mengganti air putih biasa dengan air hangat lho! 

Pasalnya, minum air hangat di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kebiasaan sederhana ini pun telah dipercaya sejak lama. 

Lantas, apa saja manfaat minum air hangat di pagi hari saat perut kosong?

1. Membantu Pencernaan dan Metabolisme

Melansir Times of India, minum segelas air hangat saat perut kosong dapat meningkatkan metabolisme dan membantu melancarkan pencernaan. Kehangatan air akan menstimulasi organ pencernaan dan membantu kinerjanya sehari-hari. 

Hal ini juga ternyata dapat membantu memecah partikel makanan dengan lebih efektif, memastikan penyerapan nutrisi yang optimal. 

2. Mendukung Detoksifikasi

Siapa sangka, sesederhana minum air panas ternyata bisa membatu detoksifikasi alami dan membuang racun dalam tubuh. 

Pasalnya, air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh, membuat berkeringat, yang merupakan salah salah cara tubuh untuk menghilangkan limbah dan kotoran. Selain itu, air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan drainase limfatik, sehingga membantu detoksifikasi tubuh. 

3. Meringankan Hidung Tersumbat

Salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang saat bangun tidur adalah hidung tersumbat. Nah, meminum air hangat di pagi hari dapat membantu mengencerkan lendir dan mengurangi peradangan pada saluran hidung sehingga memudahkan pernapasan. 

4. Mengontrol Berat Badan

Untuk Beauties yang sedang diet, ternyata minum air hangat saat perut kosong di pagi hari mendatangkan banyak manfaat. Seperti, membantu mengendalikan nafsu makan dengan menciptakan rasa kenyang dan mengurangi kemungkinan makan berlebih saat sarapan. 

Tak hanya itu, air hangat juga dapat membantu meningkatkan aktivitas metabolisme yang dapat membantu membakar kalori dengan lebih efisien. 

5. Membantu Ringankan Gejala Akalasia

Akalasia adalah suatu kondisi dimana kerongkongan mengalami kesulitan memindahkan makanan ke perut. Penderita akalasia mengalami kesulitan menelan, seolah-olah makanan tersangkut di kerongkongan bukannya berpindah ke perut. Hal ini disebut juga disfagia. 

Mengutip Healthline, para peneliti tidak yakin alasannya, namun sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa minum air hangat dapat membantu penderita akalasia mencerna dengan lebih nyaman. 

6. Menurunkan Tingkat Stres

Minum air hangat dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, rasa cemas mungkin akan berkurang jika meminumnya. 

Menurut sebuah penelitian tahun 2014, minum lebih sedikit air mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, puas, dan emosi positif. Nah karena itu, tetap terhidrasi dengan baik dapat meningkatkan suasana hati dan tingkatkan relaksasimu.


Berita Terkait :