Catat! Ini Makanan dan Minuman Bantu Turunkan Gejala Kolesterol

Rahmad Novandri | Jum'at, 08/12/2023 20:01 WIB
Catat! Ini Makanan dan Minuman Bantu Turunkan Gejala Kolesterol Buah Alpukat. (Foto: hellosehatcom)

RADARBANGSA.COM - Kolesterol tinggi bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan. Untuk itu, tubuh harus perbanyak konsumsi makanan yang dapat menurunkan gejala kolesterol. 

Terdapat sejumlah makanan yang bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi. Pola makan yang sehat bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Berikut makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol, antara lain:

1. Sayuran Berdaun Gelap

Meskipun semua sayuran baik untuk jantung Anda, sayuran berdaun gelap sangat bermanfaat. Sayuran berdaun gelap, seperti bayam, mengandung lutein dan karotenoid lainnya, yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Sayuran berdaun gelap juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat asam empedu dan membuat tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak kolesterol.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lutein menurunkan kadar kolesterol LDL “jahat” yang teroksidasi dan dapat membantu mencegah kolesterol mengikat dinding arteri .

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, juga dikenal sebagai kacang-kacangan, adalah sekelompok makanan nabati yang mencakup kacang-kacangan, kacang polong dan lentil.

Kacang-kacangan mengandung banyak serat, mineral dan protein. Mengganti biji-bijian olahan dan daging olahan dalam makanan Anda dengan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Kacang-kacangan bisa dikonsumsi antara lain, buncis, kacang polong, almond, walnutk, dan lentil dapat membantu menurunkan kadar LDL “jahat” dan merupakan sumber protein nabati yang baik.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang padat nutrisi. Mereka kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL “jahat” dan meningkatkan kolesterol HDL “baik”. Studi klinis mendukung efek penurunan kolesterol dari alpukat.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti ikan salmon dan makarel, merupakan sumber asam lemak omega-3 rantai panjang yang sangat baik. Omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL “baik” dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.

Dalam sebuah penelitian besar selama 25 tahun pada orang dewasa, mereka yang paling banyak makan ikan yang tidak digoreng memiliki kemungkinan paling kecil untuk mengembangkan sindrom metabolik, sekelompok gejala yang mencakup tekanan darah tinggi dan tingkat HDL “baik” yang rendah.

Dalam penelitian besar lainnya pada orang dewasa yang lebih tua, mereka yang makan tuna atau ikan panggang atau panggang lainnya setidaknya sekali seminggu memiliki risiko stroke 27% lebih rendah.

5. Teh

Teh mengandung banyak senyawa tumbuhan yang meningkatkan kesehatan jantung Anda. Ketika Teh hijau Mendapat banyak perhatian, teh hitam dan teh putih memiliki khasiat dan efek kesehatan yang serupa. Dua senyawa bermanfaat utama dalam teh adalah:

Katekin membantu mengaktifkan oksida nitrat, yang penting untuk kesehatan tekanan darah. Mereka juga menghambat sintesis dan penyerapan kolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah.

Quercetin dapat memperbaiki pembuluh darah fungsi dan menurunkan peradangan. Minum teh dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.