Catat! Lima Minuman ini Ampuh Turunkan Kadar Asam Urat Tinggi

Rahmad Novandri | Jum'at, 21/07/2023 23:16 WIB
Catat! Lima Minuman ini Ampuh Turunkan Kadar Asam Urat Tinggi Air Lemon memiliki segudang manfaat bagi tubuh. (Foto: hellosehat)

RADARBANGSA.COM - Penderita asam urat tinggi disarankan meminum beberapa minuman yang mengandung banyak vitamin dan bahan alami. Minuman ini juga dapat menyehatkan tubuh.

Berikut 5 minuman ini dijamin ampuh menurunkan kadar asam urat tinggi melansir The Health Site, Jumat, 21 Juli 2023.

1. Air Lemon

Air Lemon merupakan minuman alami menyegarkan kaya akan vitamin C. Kandungannya terbukti membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dengan meningkatkan ekskresi asam urat melalui urin.

2. Teh Herbal

Segelas teh herbal setiap hari membantu tubuh mengatasi masalah penyakit ini. Pasalnya kandungannya terdiri inflamasi, antioksidan, dan diuretik alami untuk pengurangan kadar asam urat.

Beberapa teh herbal yang baik bagi tubuh seperti teh chamomile, teh hijau, teh lavender, dan lainnya.

3. Teh Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan herbal alami kaya akan zat anti-inflamasi ini bisa mengurangi radang dan rasa nyeri akibat asam urat.

Seduhlah teh jahe atau membuat ramuan jahe sendiri dengan air panas dan tambahkan madu untuk menguatkan rasa. Teh jahe baiknya dinikmati selagi hangat.

4. Susu Rendah Lemak

Penelitian Arthritis Foundation menemukan bahwa mengkonsumsi susu rendah lemak mengurangi kadar asam urat. Selain susu, penderita asam urat juga dapat mengkonsumsi keju rendah lemak.

Makanan dan minuman rendah lemak mengandung tinggi protein dengan konsentrasi purin lebih rendah. Kandungan vitamin D pada susu dan keju rendah lemak juga membantu menjaga kesehatan tulang.

5. Jus Timun

Menurut Times of India, jus timun dengan sedikit perasan lemon mengandung senyawa organik yang membantu mengurangi rasa nyeri akibat asam urat. Minuman menyegarkan ini juga mendetoksifikasi hati, ginjal, dan aliran darah.

Senyawa potasium dan fosfor juga membantu meningkatkan fungsi ginjal dan membuang racun dalam tubuh.


Berita Terkait :