Catat! Ini Manfaat Buka Puasa dengan Kurma

Rahmad Novandri | Senin, 10/04/2023 21:36 WIB
Catat! Ini Manfaat Buka Puasa dengan Kurma Buah Kurma. (Foto: alodoktercom)

RADARBANGSA.COM - Kurma merupakan salah satu makanan yang digemari saat bulan ramadan. Selain mengandung cita rasa yang manis dan legit, kurma juga memiliki banyak kandungan nitrisi baik bagi tubuh.

Berikut manfaat buka puasa dengan buah kurma dilansir dari Daily Sabah dan beberapa sumber:

1. Membuat rasa kenyang

Meski bentuknya mungil, namun buah kurma memiliki kandungan serat larut terutama pektin yang tinggi. Serat ini jika masuk ke dalam tubuh akan menarik air dan meningkatkan fluiditas isi lambung. Dengan demikian tubuh akan merasa mudah kenyang dan mudah mengontrol nafsu makan karena tubuh akan merasa kenyang lebih lama.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kurma juga memiliki efek yang berkaitan dengan stimulasi sistem kekebalan tubuh. Efek ini berkaitan dengan adanya kandungan beta-glukan, senyawa fenolik, dan karotenoid dalam jumlah tinggi, serta vitamin. Kandungan-kandungan tersebut dianggap mampu mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat.

3. Meningkatkan gula yang hilang saat puasa

Setelah berjam-jam menjalani puasa, tubuh tentunya kehilangan beberapa nutrisi dan membutuhkan sumber karbohidrat yang tinggi. Salah satu sumber karbohidrat yang tinggi untuk mendapatkan gula dalam darah adalah kurma. Dengan mengkonsumsi kurma, gula darah akan kembali ke tingkat normal.

4. Mengatasi sembelit

Ahli gizi merekomendasikan untuk mengkonsumsi 20-30 gram serat per hari agar pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit. Untuk mendapatkan asupan serat selama puasa, Anda bisa memanfaatkan kandungan serat yang ada dalam buah kurma.

5. Mencukupi kebutuhan kalori dan gizi

Buah kurma memiliki kandungan kalori yang tinggi, hampir mirip seperti kismis dan buah ara. Seperti yang diketahui, kalori dalam buah kurma datang dari karbohidratnya yang tinggi. Selain kandungan karbohidrat yang tinggi, kurma juga memiliki kandungan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Menghindari peradangan

Radang menjadi salah satu penyakit yang sering muncul saat seseorang tengah berpuasa. Untuk menghindari serangan radang pada tubuh, Anda bisa mengkonsumsi buah kurma saat buka puasa maupun sahur. Pasalnya, kurma memiliki kandungan antioksidan dari polifenol yang cukup tinggi daripada buah lain.

7. Mencegah anemia

Bagi penderita anemia, makan buah kurma saat buka puasa maupun saat sahur bisa mencegah anemia kambuh. Pasalnya, kurma memiliki kandungan zat besi yang baik bagi produksi sel darah merah.


Berita Terkait :