Ini cara Perkuat Daya Tahan Tubuh Selain Konsumsi Vitamin

Rahmad Novandri | Selasa, 10/01/2023 22:17 WIB
Ini cara Perkuat Daya Tahan Tubuh Selain Konsumsi Vitamin Aneka buah (foto: alfidycom)

RADARBANGSA.COM - Beberapa hari terakhir cuaca kurang baik terutama untuk kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan sangat penting agar tetap fit, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin.

Namun, menjaga daya tahan tubuh tak hanya mengonsumsi vitamin. Dilansir dari laman Health Line, berikut cara mudah untuk perkebal daya tahan tubuh yang bisa dibiasakan, selain konsumsi vitamin.

1. Makan lebih banyak makanan nabati utuh

Makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu Anda melawan patogen berbahaya.

Antioksidan dalam makanan ini membantu penurunan peradangan dengan memerangi senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas. Di mana dapat menyebabkan peradangan ketika mereka membangun dalam tubuh Anda dalam tingkat tinggi.

2. Lakukan olahraga ringan

Meskipun olahraga intens dalam waktu lama dapat menekan sistem kekebalan Anda, olahraga ringan dapat meningkatkannya, lho.

Studi menunjukkan, bahwa bahkan satu sesi olahraga sedang dapat meningkatkan efektivitas vaksin kepada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Terlebih lagi, olahraga teratur dan sedang dapat mengurangi peradangan dan membantu regenerasi sel kekebalan Anda secara teratur.

3. Makan lebih banyak lemak sehat 

Lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh Anda terhadap patogen dengan mengurangi peradangan .

Meskipun peradangan tingkat rendah adalah respons normal terhadap stres atau cedera, peradangan kronis dapat menekan sistem kekebalan Anda.

4. Batasi gula tambahan 

Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa tambahan gula dan karbohidrat olahan dapat berkontribusi secara tidak proporsional terhadap kelebihan berat badan dan obesitas.

Obesitas juga dapat meningkatkan risiko sakit. Menurut sebuah studi observasi pada sekitar 1000 orang, yakni dengan obesitas yang diberi vaksin flu dua kali lebih mungkin untuk tetap terkena flu dibandingkan orang tanpa obesitas yang menerima vaksin.

5. Tidur yang cukup

Tidur dan kekebalan sangat erat kaitannya. Faktanya, kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.

Dalam sebuah penelitian, pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam.

Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami Anda. Selain itu, Anda mungkin tidur lebih banyak saat sakit untuk memungkinkan sistem kekebalan Anda melawan penyakit dengan lebih baik.