Catat! ini Khasiat Air Kelapa untuk Tubuh

Rahmad Novandri | Selasa, 03/01/2023 19:56 WIB
Catat! ini Khasiat Air Kelapa untuk Tubuh Air kelapa murni. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM - Air kelapa muda sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Air kelapa muda bisa menjadi pelepas dahaga disaat haus.

Tak hanya sebagai pelepas dahaga, air kelapa muda banyak mengandung manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat air kelapa muda untuk tubuh? Berikut penjelasannya.

1. Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan, yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas. Studi terbaru pada tahun 2016, dilakukan uji coba pada tikus yang hasilnya ditemukan bahwa air kelapa memiliki potensi tinggi untuk mengurangi gejala kolesterol.

2. Menyehatkan untuk ginjal

Minum air kelapa secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Menurut sebuah studi tahun 2018 pada peserta tanpa batu ginjal, air kelapa membantu menghilangkan lebih banyak sitrat, kalium, dan klorida saat buang air kecil. Hal ini menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu melonggarkan batu di dalam organ ginjal atau mencegah pembentukannya. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu meringankan kerusakan ginjal karena diabetes.

3. Melembapkan kulit

Minum air kelapa atau mengaplikasikannya pada kulit kemungkinan dapat melembabkan kulit. Ilmuwan mengusulkan bahwa air kelapa memiliki efek antimikroba, dan menunjukkan bahwa mengoleskannya ke kulit dapat membantu mengobati jerawat.

4. Menurunkan berat badan

Air kelapa murni mengandung 45 kalori dalam 1 gelas, air kelapa bisa jadi alternatif pengganti minuman manis yang dapat ditambahkan dalam diet Anda. Mengganti air putih dengan air kelapa dapat mendukung penurunan dan mempertahankan berat badan yang stabil.

5. Menurunkan tekanan darah pada orang dengan diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah. Adapun manfaat gula darah tambahan lainnya dari air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes.


Berita Terkait :