Penting! Jenis Buah ini Bantu Percepat Pemulihan Sakit Tipes

Rahmad Novandri | Jum'at, 07/10/2022 22:55 WIB
Penting! Jenis Buah ini Bantu Percepat Pemulihan Sakit Tipes Buah Melon. (Foto: hellosehatcom)

RADARBANGSA.COM - Banyak ragam makanan hingga buah-buahan yang dapat membantu memperepat pemulihan kondisi tubuh, terutama setelah sakit. Bagi Anda yang tengah dalam pemulihan sakit tipes, jenis buah ini dapat membantu percepat pemulihan karena mengandung kadar air yang tinggi.

Disadur dari okezone, ada beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi penderita tipes. Buah tersebut antara lain:

1. Semangka

Semangka terkenal dengan kandungan airnya yang tinggi bahkan mencapai 92%. Tidak hanya itu, semangka memiliki sejumlah nutrisi didalamnya, salah satunya protein. Oleh karena itu, semangka baik untuk penderita tipes sebab dapat membantu memulihkan kadar air dalam tubuh dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

2. Pisang

Selanjutnya ada buah pisang yang baik dikonsumsi untuk penderita tipes. Pisang membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Hal ini dikarenakan pisang mengandung senyawa penting seperti potassium dan vitamin c yang dapat memberikan energi untuk melawan gejala tipes.

3. Melon

Buah melon juga baik untuk penyembuhan tipes. Meskipun rendah serat, melon memiliki berbagai kandungan bernutrisi yang tidak kalah penting dengan jenis buah lainnya. Melon mengandung vitamin C yang tinggi hingga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

4. Anggur

Buah satu ini juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tubuh dapat terhidrasi. Terdapat penelitian yang mengungkapkan kandungan resveratrol dalam buah anggur dapat berguna sebagai penangkal akibat radang dan mencegah beberapa penyakit seperti tipes.

Tidak hanya itu, buah anggur juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu menurunkan suhu demam tipes.

5. Jeruk

Rekomendari buah untuk penderita tipes berikutnya adalah jeruk. Buah jeruk ternyata dianjurkan bagi mereka yang dehidrasi selama masa pengobatan. Hal ini dikarenakan jeruk memiliki kadar air dan mengandung vitamin C yang tinggi. Tentu penderita tipes harus banyak mengkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Buah naga

Perlu diketahui, nafsu makan penderita tipes bisa menurun. Untuk meningkatkan nafsu makan, penderita disarankan mengkonsumsi buah naga yang segar. Hal ini dikarenakan teksturnya mudah dicerna dan mengandung vitamin c yang tinggi.

7. Pepaya

Penderita tipes juga sangat disarankan untuk memakan papaya sebagai penyembuhan. Buah papaya tidak menimbulkan gas yang memperburuk kondisi penderita tipes. Pepaya mengandung tinggi antioksidan serta vitamin A, C dan E yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas.