Ini Jenis Buah Penurun Darah Tinggi, Ada Jeruk Hingga Pisang

Rahmad Novandri | Senin, 26/09/2022 22:55 WIB
Ini Jenis Buah Penurun Darah Tinggi, Ada Jeruk Hingga Pisang Buah Pisang. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM - Beberapa jenih buah-buahan baik untuk menurunkan darah tinggi. Buha tersebut mengandung serat, antioksidan, dan kandungan mineral tertentu yang bermanfaat mencegah penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Salah satu buah tersebut adalah jeruk yang kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C dan flavonoid. Kandungan tersebut membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Buah ini juga kaya akan serat dan potasium, serta rendah sodium.

"Semua kualitas tersebut membuat buah citrus sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi," papar dr Shaziya Allarakha, MD, seorang praktisi kesehatan, dikutip dari Medicine Net, Senin, 26 September 2022.

Tak hanya Jeruk, beberapa jenis buah lainnya juga ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, antara lain:

1. Pisang

Makanan ini kaya akan nutrisi seperti potasium, serat, magnesium, dan antioksidan. Semua itu membantu mengelola tekanan darah tinggi.

2. Delima

Menurut dr Allarakha, penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah delima membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah.

"Buah ini juga meningkatkan aliran darah yang sehat, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan meningkatkan kesehatan jantung," kata dr Allarakha.

3. Beri

Semua beri, termasuk blueberry, kaya akan senyawa antioksidan dan polifenol yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

4. Plum

Buah ini kaya potasium dan rendah sodium, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

5. Melon

Melon menyediakan sejumlah besar vitamin C, potasium, folat, dan serat yang membantu mengelola tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Kemudian, menurut American Heart Association, seseorang harus mengonsumsi sekitar 4 hingga 5 porsi buah sehari. Satu porsi itu bisa berupa:

1. Satu buah utuh ukuran sedang, dalam hal ini hitungannya berlaku untuk persik, apel, atau jeruk.

2. Satu porsi buah juga meliputi setengah cangkir buah segar, beku, atau buah kaleng yang dipotong dadu.

3. Satu porsi buah juga sama dengan seperempat cangkir buah kering.

4. Seperempat cangkir jus buah pun sudah dihitung satu porsi buah.


Berita Terkait :