Cocok Dikonsumsi Tiap Hari, Makanan ini Miliki Serat Tinggi

Rahmad Novandri | Kamis, 28/07/2022 22:05 WIB
Cocok Dikonsumsi Tiap Hari, Makanan ini Miliki Serat Tinggi Buah Stroberi. (Foto: hellosehatcom)

RADARBANGSA.COM - Asupan serat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan, untuk mengonsumsi sekitar 14 gram serat setiap 1000 kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Ini artinya, wanita dewasa butuh sekitar 24 gram asupan serat. Sedangkan pria, butuh lebih banyak lagi yakni kurang lebih 38 gram serat.

Dilansir Health Line, Kamis, 28 Juli 2022, berikut empat makanan berserat tinggi yang dapat dikonsumsi setiap hari, antara lain:

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi untuk diet. Sebab di dalamnya mengandung serat tinggi. Brokoli sarat dengan vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B, kalium, zat besi, dan mangan dan mengandung antioksidan, serta nutrisi pelawan kanker yang kuat. Brokoli juga relatif tinggi protein, dibandingkan dengan kebanyakan sayuran lain.

2. Stroberi

Salah satu buah yang cukup banyak disukai, karena rasanya segar dan mengandung vitamin C. Buah ini mengandung 3 gram dalam satu cangkir stroberi segar, atau 2 gram per 100 gram.

Stroberi adalah contoh padat nutrisi yang bisa dimakan, mengandung banyak vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan kuat.

3. Apel

Salah satu buah yang rasanya lezat dan juga bisa mengenyangkan sekaligus tinggi akan serat. Apel mengandung serat sebanyak 4,4 gram untuk yang ukuran sedang, atau 2,4 gram per 100 gramnya. Anda bisa mengonsumsinya sebagai salad atau buah potong langsung.

4. Buncis

Buncis merupakan jenis lain dari kacang-kacangan yang sarat dengan nutrisi, termasuk mineral dan protein. Sayuran satu ini cukup mudah ditemukan, relatif murah dan banyak dijual di pasaran. Jadi Anda bisa mengonsumsi buncis dengan berbagai cara, misalnya direbus atau sebagai lalapan.


Berita Terkait :