Desainer Asal Indonesia Berinisial AP Diduga Beli Organ Tubuh Manusia

Neli Elislah | Kamis, 24/02/2022 15:59 WIB
Desainer Asal Indonesia Berinisial AP Diduga Beli Organ Tubuh Manusia tas organ tubuh manusia designer Indonesia Arnold Putra (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Desainer asal Indonesia berinisial AP diduga terlibat dalam penjualan organ tubuh manusia. Berdasarkan keterangan Polisi Federal Brasil, berhasil menemukan paket organ manusia yang berisi tangan dan tiga plasenta, dikirimkan dari salah satu universitas di Brasil ke perancang busana di Singapura.

Laporan itu diungkap setelah pihak berwajib melakukan penggerebekan di Universitas Negeri Amazonas (UEA) di kota Manaus, Brasil. Dalam keterangannya, pihak berwajib menyatakan organ-organ itu dikirimkan "untuk seorang desainer Indonesia yang menjual aksesori dan potongan mode menggunakan bahan-bahan dari manusia."

Menurut Vice World News, paket tujuan Singapura itu ditujukan pada desainer asal Indonesia, Arnold Putra. Selain itu, kontroversi ini bukanlah sekali saja yang dibuat oleh Arnold Putra. Sebelumnya, dia juga sempat membuat heboh karena membuat tas dari tulang belakang manusia.

Tas yang pertamakali dirilis tahun 2016 tersebut berharga US$ 5.000 dolar AS atau sekitar Rp71 juta. Arnold juga menjelaskan dalam akun Instagram miliknya @arnoldputra dikutip pada hari Kamis, 24 Februari 2022, "bagian ganggang terbuat dari tulang belakang anak kecil yang menderita osteoporosis" tulisnya.

Selain itu ia juga pernah dituduh mebukarkan artefak suku pedalaman dengan barang bermerek palsu. 

"Arnold Putra adalah iblis yang suka pamer kebaikan memberikan barang branded palsu kepada orang-orang pedalaman demi mendapatkan tulang manusia dan barang berharga lainnya dari suku mereka," tulis akun bernama @superiorgrab pada Maret 2020.

Awal tahun ini, ia pun kembali membuat kontroversi dengan mengenakan busana mirip seragam Pemuda Pancasila dalam acara Paris Fashion Week. 

 

 

 

 


Berita Terkait :