Empat Cara Alami Ringankan Batuk Kering

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 04/02/2022 11:27 WIB
Empat Cara Alami Ringankan Batuk Kering Ilustrasi (Doc: Orami)

RADARBANGSA.COM - Diantara kalian yang pernah terkena batuk kering tentu merasa tidak nyaman. Tenggorokan kalian pastinya terasa sakit gatal, yang ini akan mengganggu aktivitas harian.

Namun, tenang saja ada beberapa cara alami yang  bisa mengobati batuk kering. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa kalian konsumsi untuk membuat tenggorokan kalian menjadi sembuh dari batuk kering.

 

1. Air Putih Hangat

Air putih hangat bisa menjadi cara yang paling sederhana  untuk meringankan batuk kering.

Saat batuk melanda, pastikan kebutuhan cairan harian tubuh terpenuhi, dengan mengkonsumsi 8 sampai 12 gelas per hari bergantung pada berat badan. Alangkah baiknya menghindari konsumsi air dingin saat batuk keringz

 

2. Madu

Madu diyakini menjadi obat yang paling ampuh meringankan batuk kering bahkan berdahak.

Caranya, kalian bisa konsumsi dua sendok madu ke dalam minuman hangat, seperti teh, air lemon, atau air putih.

 

3. Air garam

Cara lain yang bisa dicoba adalah berkumur dengan larutan garam. Langkah ini dapat membantu meredakan rasa gatal pada tenggorokan yang menjadi penyebab batuk.

Caranya, kalian bisa mencampurkan ¼ atau ½ sendok teh garam dengan secangkir air hangat.

 

4. Jahe

Jahe bisa menjadi alternatif terakhir untuk mengatasinya batuk kering. Kandungan Jahe bisa meringankan sekaligus meringankan gejala flu seperti batuk.

Apabila batuk kering masih belum mereda meski kamu sudah mencoba cara di atas, saatnya bertanya pada dokter penanganan lanjutan yang perlu dilakukan.


Berita Terkait :