Biar Gak Dehidrasi, Buah-buahan ini Cocok Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Rahmad Novandri | Senin, 19/04/2021 23:01 WIB
Biar Gak Dehidrasi, Buah-buahan ini Cocok Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa Buah Jeruk. (Foto: halodoccom)

RADARBANGSA.COM - Setelah seharian puasa dengan menahan haus dan lapar, minum minuman yang segar sangat cocok untuk mengembalikan cairan tubuh. Tak hanya minum air yang cukup, Anda juga bisa mengimbanginya dengan makan buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi.

Berikut rekomendasi buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi dan cocok jadi teman Anda saat berbuka puasa seperti dilansir dari okezone.com, antara lain:

1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang sangat terkenal akan kandungan berbagai nutrisi, khususnya vitamin C. Selain itu jeruk merupakan buah yang sangat lezat dan menyegarkan.

Satu buah jeruk mengandung lebih dari setengah gelas air, beberapa nutrisi, dan juga serat. Satu di antara nutrisi yang paling penting dalam jeruk adalah vitamin C, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Tomat

Tomat mengandung banyak air yang dapat menghilangkan dehidrasi dan juga kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam satu buah tomat ukuran sedang, mengandung kurang lebih setengah gelas air (118ml). Tomat juga mengandung nutrisi seperti vitamin A dan C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

3. Semangka

Buah berukuran besar ini diketahui mengandung likopen yang ampuh menangkal serangan radikal bebas dan anti kanker. Selain itu, buah semangka adalah sumber antioksidan serta vitamin C dan A melimpah. Buah semangka sudah lama dikenal sebagai pendingin tubuh.

4. Blewah

Blewah memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium mampu membersihkan kadar karbondioksida di dalam darah serta memicu kerja otot dan simpul saraf.

Buah blewah sangat cocok untuk dikonsumsi saat bulan Ramadhan karena mengandung sukrosa dan fruktosa, serta kandungan air untuk mengembalikan cairan tubuh.