Meluruskan Khasiat Jahe Merah yang Disebut–sebut Dapat Sembuhkan Pasien Corona  

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 06/08/2020 21:30 WIB
Meluruskan Khasiat Jahe Merah yang Disebut–sebut Dapat Sembuhkan Pasien Corona    Jahe Merah (Doc: Istimewa)

JAKARTA,RADARBANGSA.COM – Di tengah merebaknya wabah Virus Corona, beredar informasi kurang tepat di masyarakat terkait khasiat jahe merah yang disebut - sebut dapat menyembuhkan penderitanya.

Dikutip dari laman resmi LIPI, jahe merah memang memiliki senyawa yang dapat meningkat daya tahan tubuh manusia. Akan tetapi, tidak berarti khasiatnya ini dapat menyembuhkan secara seratus persen penyakit Covid-19.

“Sampai saat ini belum ada bukti yang melaporkan penggunaan jahe merah sebagai antivirus, khususnya virus Corona SARS-CoV-2,” kata Kepala Kelompok Penelitian Center for Drug Discovery and Development LIPI, Masteria Yunovilsa Putra pada Kamis 6 Agustus 2020.

Ia menyebut jahe merah ini sejatinya berfungsi untuk membantu meringankan gejala yang ditimbulkan, bukan untuk menyembuhkan atau untuk membunuh virus tersebut.

Masteria menjelaskan bahwa  jahe merah memang memiliki aktivitas sebagai immunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

“Efek inilah yang bermanfaat dalam pencegahan dan membantu dalam pemulihan dari virus Corona”, jelasnya.

Kandungan jahe merah khususnya gingerol dan shogaol merupakan senyawa yang bertanggung jawab atas efek immunomodulator. Selain itu, jahe merah juga memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan.

“Secara umum, virus Corona memiliki gejala peradangan berlebih pada paru-paru. Dengan aktivitas antiinflamasi yang dimiliki oleh jahe merah, dapat meredakan gejala tersebut”, ungkap Masteria.

Dengan begitu, mengkonsusi jahe merah memang sejatinya tidak dapat langung membunuh virus corona dalam tubuh seseorang. Akan tetapi mengkonsumsi jahe merah dapat menjadi langkah yang bagus untuk mencegah penyakit dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain meningkatkan daya tahan tubuhm, Jahe merah juga memiliki beberapa aktivitas farmakologis lainnya. Seperti menurunkan tekanan darah, antibakteri, menurunkan asam urat, hepatoprotektor, menurunkan kadar kolesterol, aprodisiak, pencegahan penyakit kronis degeneratif seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes pada lansia.


 


Berita Terkait :