Kemenhub Siap Layani Mudik Gratis di 47 Ruas Laut se Indonesia

Rahmad Novandri | Jum'at, 15/03/2024 07:05 WIB
Kemenhub Siap Layani Mudik Gratis di 47 Ruas Laut se Indonesia Penumpang kapal laut. (Foto: Bisnistoday)

RADARBANGSA.COM - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan siap melayani angkutan mudik hingga arus balik gratis pada Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah di 47 ruas jalur transportasi kapal laut se-Indonesia.

"Kemenhub menyediakan puluhan ribu tiket gratis kapal laut di 47 ruas untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi dalam keterangannya dilansir dari antaranews, Jumat, 15 Maret 2024.

Antoni menyampaikan mudik gratis tersebut dalam upaya mendukung program pemerintah untuk memberikan pelayanan transportasi laut yang aman, nyaman, tertib, lancar dan terjangkau selama libur Lebaran.

Program Mudik Gratis menggunakan kapal itu dari berbagai pelabuhan embarkasi/pemberangkatan di seluruh wilayah Indonesia.

Dia mengatakan tiket gratis penumpang kapal laut ini hasil koordinasi dengan PT Pelni dan tiga operator swasta yakni PT Dharma Indah, PT Dharma Lautan Utama dan PT Pelayaran Sakti Inti Makmur.

“Program ini melayani 47 ruas dengan jumlah keberangkatan arus mudik dan balik sebanyak 91 perjalanan,” ujar Antoni.

Ia menyatakan program tersebut bertujuan memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik pada masa libur Lebaran 2024.

"Rencananya, program akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret hingga 9 April 2024 untuk arus mudik dan tanggal 12 hingga 25 April 2024 untuk arus balik," ujar Antoni.

Ia menjelaskan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket gratis calon penumpang dapat menghubungi operator kapal dan wajib membawa serta menunjukkan KTP, penumpang yang berangkat harus sesuai dengan KTP yang dimiliki, dilarang keras membawa benda berbahaya dan minuman keras, serta program ini hanya berlaku untuk kategori kelas ekonomi.

"Jumlah total kuota tiket gratis penumpang kapal laut pada masa angkutan Lebaran 2024 sebanyak 47.194. Dengan program ini, diharapkan perjalanan mudik masyarakat dapat terlaksana dengan lebih mudah dan terjangkau," tukasnya.