Pemerintah Fasilitasi Pelaku Usaha UKM Tembus Pasar Global

M. Isa | Kamis, 29/02/2024 19:07 WIB
Pemerintah Fasilitasi Pelaku Usaha UKM Tembus Pasar Global ilustrasi ikan (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menembus pasar global. 

Melalui Export Center Surabaya, Kemendag berhasil mengantarkan tiga pelaku UKM binaan melakukan ekspor perdana dengan nilai total sebesar USD 226,6 ribu pada Selasa, (26/2), di Surabaya, Jawa Timur.Ketiga pelaku UKM tersebut yaitu PT Maida Fortuna Laut, PT Indo Panen Sejahtera, dan PT Surya Citra Inti Makmur. 

"Berbagai upaya, termasuk pelayanan ekspor oleh Export Center Surabaya merupakan bentuk komitmen dan keseriusan pemerintah untuk mendorong pelaku usaha, khususnya UKM dalam menembus pasar global," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dalam rilisnya, Kamis, 29 Februari 2024.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Arief Wibisono saat memimpin pelepasan ekspor mengungkapkan, saat ini pemerintah telah membentuk satuan tugas peningkatan ekspor. Dalam satgas tersebut, Kementerian Perdagangan melibatkan Export Center Surabaya sebagai salah satu pionir dalam melakukan peningkatan ekspor nasional.

“Peningkatan ekspor nasional dapat dilakukan dengan adanya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, baik pusat dan daerah, dengan para pelaku usaha dan asosiasi. Salah satunya tercermin dari pendampingan ekspor yang dilakukan Export Center Surabaya,” tambah Arief.

Sebagai informasi, PT Maida Fortuna Laut melakukan ekspor produk ikan tuna beku senilai USD 71,6 ribu ke Vietnam. Sementara PT Indo Panen Sejahtera melakukan penetrasi pasar produk porang ke Tiongkok senilai USD 126,6 ribu. Sedangkan PT Surya Citra Inti Makmur mengirimkan produk briket kayu ke Taiwan senilai USD 28,4 ribu.


Berita Terkait :