Menaker Ungkap Tiga Kunci Transformasi Wujudkan Ekosistem Ketenagakerjaan

Rahmad Novandri | Selasa, 30/01/2024 09:31 WIB
Menaker Ungkap Tiga Kunci Transformasi Wujudkan Ekosistem Ketenagakerjaan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan bahwa kolaborasi, integrasi dan sinergi merupakan tiga elemen kunci transformasi yang dapat menjadikan program ketenagakerjaan menjadi lebih berdampak, lebih bermanfaat dan lebih bermakna bagi publik.

"Kolaborasi, integrasi dan sinergi menjadi dasar terwujudnya ekosistem layanan ketenagakerjaan," kata Ida Fauziyah dalam keterangannya yang dikutip Selasa, 30 Januari 2024.

Saat membuka Rakornas program Ketenagakerjaan di Kota Yogyakarta, Senin (29/1), Ida mengatakan Rakornas yang menghadirkan seluruh instansi pemerintah bidang ketenagakerjaan ini, merupakan pengejawantahan secara nyata dari upaya percepatan transformasi pembangunan ketenagakerjaan melalui kolaborasi, integrasi dan sinergi.

Ida Fauziyah menambahkan Rakornas di Yogyakarta ini juga merupakan rakor pertama yang berhasil menyatukan berbagai rakor program yang selama ini terlaksana secara parsial di berbagai unit kerja.

"Ini adalah pencapaian yang tak mudah, dan perlu kita kembangkan terus-menerus di tahun mendatang," tuturnya.

Ida Fauziyah menjelaskan Rakornas bertema "Mempercepat Transformasi Pembangunan Ketenagakerjaan yang inklusif dan Berkelanjutan" ini mencerminkan upaya Kemnaker mendukung sejumlah sasaran pembangunan nasional tahun 2024.

"Yakni pertumbuhan ekonomi 5,2 persen, kemiskinan ekstrem (0,1); gini ratio (0,374-0,377); tingkat kemiskinan (6,5-7,5); tingkat pengangguran terbuka (5,0-5,7) dan Indeks Pembangunan Manusia (73,99-74,02)," tandasnya.


Berita Terkait :