Menhub Sebut Ada Investor Lokal Mau Sambungkan Kereta Cepat ke Surabaya

Rahmad Novandri | Rabu, 20/12/2023 17:35 WIB
Menhub Sebut Ada Investor Lokal Mau Sambungkan Kereta Cepat ke Surabaya kereta cepat jakarta bandung (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan rencana pemerintah yang akan melanjutkan Kereta Cepat menuju Surabaya. Hingga saat ini, Kereta Cepat pertama di Asia Tenggara itu baru membuka rute Jakarta-Bandung.

Budi menyebut, pembangunan Kereta Cepat menuju Surabaya bakal menggunakan skema pendanaan creative financing. Akan tetapi, Menhub tidak merinci siapa investor tersebut.

"Dengan keterbatasan APBN kita akan melakukan creative financing, akan ada investor yang bakal menghubungkan sampai ke Surabaya. Nanti kami bersama yang memprakarsai, akan ada design engineering, kemudian diberikan tender dan jadi pemenang," kata Menhub Budi dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2023, di kantor Kemenhub RI, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2023.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan apabila Kereta Cepat sudah tersambung ke Surabaya, kemungkinan bakal bersaing dengan moda pesawat udara. Dia yakin kereta cepat bakal jauh lebih ekonomis bila dibandingkan dengan pesawat.

"Intinya kalau makin panjang kereta cepat itu akan makin ekonomis. Jarak Jakarta ke Surabaya itu 900 kilometer bisa dicapai 2 jam, ini akan lebih kompetitif dibandingkan pesawat udara," imbuhnya.