Ekspor Produk Halal Turun Tahun Ini

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 20/12/2023 11:49 WIB
Ekspor Produk Halal Turun Tahun Ini Industri Kosmetik (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Sepanjang Januari - Oktober, terjadi penurunan pada nilai ekspor produk halal Indonesia. 

Menurut data Kementerian Perdagangan (Kemendag) ekspor produk halal turun sebesar 18,77 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi mengatakan penurunan ekspor produk halal ini salah satunya disebabkan oleh naiknya impor produk halal. 

"Memang agak sulit disubstitusi, tapi sebetulnya bisa diupayakan, salah satunya dengan ajakan untuk meningkatkan kesadaran bahwa konsumen Indonesia untuk menggunakan kosmetik yang halal, sehingga konsumen tergerak untuk beralih dari produk kosmetik yang belum ada halalnya dari luar negeri ke produk halal yang diproduksi di dalam negeri. Ini yang membantu gerakan konsumsi halal nasional," tutur Didi.

Didi berharap, di tahun-tahun mendatang diharapkan impor produk halal semakin berkurang. Salah satunya, dengan adanya substitusi produk-produk halal yang selama ini dilakukan.

“Diharapkan ke depan, impor produk halal semakin mengecil dengan melakukan substitusi produk-produk halal yang selama ini diimpor. Contohnya kosmetik dengan merek ternama," Tandas Didi. 

 


Berita Terkait :