Menteri Koperasi Ungkap 97% Lapangan Kerja Berasal dari UMKM

Rahmad Novandri | Kamis, 14/12/2023 10:52 WIB
Menteri Koperasi Ungkap 97% Lapangan Kerja Berasal dari UMKM Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengungkapkan bahwa UMKM banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia. Namun, saat ini masih ada kendala untuk menempatkan UMKM ke industri guna menyiapkan negara maju 2045.

"Tantangan kita kenapa kita perlu menempatkan UMKM dari pada industri, kita sedang menyiapkan jalan negara maju 2045, karena semua lembaga multilateral memprediksi kita punya potensi menjadi 4 kekuatan ekonomi dunia," kata Teten dikutip dari okezone.com, Kamis, 14 Desember 2023.

Teten mengungkapkan, berdasarkan catatan Bank Dunia, pemerintah Indonesia perlu segera menyiapkan lapangan pekerjaan yang berkualitas untuk middle income class atau untuk kelas menengah.

"Karena 97% lapangan kerja hari ini disediakan oleh UMKM terutama sektor mikro karena 96% pelaku usaha di Indonesia adalah mikro. Mikro itu apa? sektor informal, kebanyakan sektor informal," terang Teten.

Dalam skala ekonomi rumah tangga, lapangan kerja masih terbatas dalam inovasi teknologi, tidak produktif. Jika di negara maju, UMKM sudah lebih produktif, inovasi teknologi dan lain sebagainya.

"UMKM nggak mungkin melakukan inovasi teknologi, inovasi modal bisnis dan lain sebagainya, mereka gak memiliki cukup kapital melakukan inovasi, karena itu di banyak negara lokomotif pertumbuhan, lokomotif penemuan ekonomi baru usaha baru," tukas Teten.

Selain itu, menurut Menkop, UMKM menjadi supply chain bagi usaha besar, dan ini yang diperlukan. "Sekali lagi saya memberi apresiasi kepada usaha-usaha besar yang tergabung dalam program (CSR) ini untuk membantu UMKM menjadi rantai pasok nasional," ungkapnya.


Berita Terkait :