BI Sumbang Rp 530 Milyar ke IMF untuk Atasi Kemiskinan Global

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 12/10/2023 13:42 WIB
BI Sumbang Rp 530 Milyar ke IMF untuk Atasi Kemiskinan Global Bank Dunia mencatat kemiskinan di Indonesia kurang dari 10 persen. (Foto: marketeerscom)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) menyatakan komitmennnya untuk mendukung program IMF tentang pengentasan kemiskinan dengan menyalurkan dana sebesar SDR 26 juta atau setara US$ 33,8 juta (Rp 530 Milyar).

"Bank Indonesia menyampaikan kesanggupannya untuk mendukung program IMF untuk pengentasan kemiskinan (Poverty Reduction and Growth Trust – PRGT) dengan memberikan kontribusi pada program tersebut sebesar SDR 26 juta," ungkap Direktur Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan tertulis, Kamis 12 Oktober 2023.

Erwin memapakan dana sebesar SDR 26 juta ini diperoleh melalui bunga penempatan deposito Bank Indonesia yang ditempatkan di IMF.

Adapun bantuan IMF bertujuan untuk membantu negara berpenghasilan rendah untuk mencapai stabilitas ekonomi guna mengurangi kemiskinan, yang diberikan antara lain kepada negara Afrika serta beberapa negara anggota konstituensi South East Asia Voting Group (SEAVG) seperti Laos, Tonga dan Nepal, dimana Indonesia merupakan anggota.

"Kontribusi tersebut diharapkan akan menunjukkan peran Indonesia untuk turut meningkatkan resiliensi perekonomian global, yang pada akhirnya berpotensi memberikan dampak positif kepada perekonomian nasional," tandas Erwin.


Berita Terkait :