Rachmat Gobel Sebut Mebel dan Herbal Potensi UMKM Indonesia Bernilai Ekspor Besar

Rahmad Novandri | Senin, 18/09/2023 20:25 WIB
Rachmat Gobel Sebut Mebel dan Herbal Potensi UMKM Indonesia Bernilai Ekspor Besar Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel. (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel menyampaikan bahwa dua potensi ekonomi UMKM yang bernilai ekspor besar, yakni kerajinan mebel dan herbal atau jamu. Menurutnya, potensi pasar mebel dunia pada 2023 mencapai US$766 miliar dan potensi pasar herbal atau jamu dunia pada 2021 mencapai US$151,91 miliar.

"Sedangkan pada tahun yang sama, ekspor jamu Indonesia hanya mencapai US$41,5 juta. Sedangkan ekspor mebel Indonesia, pada 2022 baru mencapai US$2,5 miliar. Jadi masih ada peluang yang sangat besar buat Indonesia," kata Gobel seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin, 18 September 2023.

Politisi Partai Nasdem itu mengingatkan bahwa di sektor mebel Indonesia memiliki beragam jenis kayu dan rotan yang menjadi kekhasan Indonesia. Sedangkan di sektor jamu, Indonesia memiliki beragam bahan baku herbal yang sangat kaya. 

"Dulu penjajah datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah, bukan mencari bahan tambang," ujarnya.

Oleh karena itu, Gobel menekankan pentingnya sektor UMKM yang bernilai ekspor karena kontribusi UMKM Indonesia adalah yang terendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

"Angkanya masih sekitar 14 persen. Jadi pilihan dua sektor UMKM itu akan menaikkan kontribusi ekspor sektor UMKM. Padahal kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja dan PDB adalah yang tertinggi di ASEAN," pungkasnya.