Wapres Maruf Amin Dorong Produk Hasil Kemandirian Ekonomi Pesantren Diperluas

Rahmad Novandri | Rabu, 30/08/2023 21:15 WIB
Wapres Maruf Amin Dorong Produk Hasil Kemandirian Ekonomi Pesantren Diperluas KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin mengatakan bahwa penciptaan produk hasil kemandirian ekonomi pesantren melalui program 'One Pesantren One Product' harus diperluas ke berbagai daerah. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri acara Sarasehan Ekonomi, Keuangan Syariah, serta Peresmian Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat ITS 10 November, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 30 Agustus 2023.

"Program ini patut diperluas, baik di Jawa Timur yang saat ini memiliki 5.000 lebih pesantren, juga di wilayah lainnya," ujar Wapres dilansir dari antaranews.

Wapres menilai pesantren merupakan salah satu ekosistem yang dapat menjadi mitra kolaboratif dan kondusif dalam pengembangan ketahanan ekonomi dan keuangan syariah.

Selain pesantren, terdapat juga ekosistem seperti perguruan tinggi, asosiasi, ormas, media, dunia usaha dan industri, perbankan yang dapat menciptakan produk untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Wapres mendorong agar pesantren-pesantren dapat melahirkan mujahid atau pejuang ekonomi. 

"Dalam banyak kesempatan, saya mendorong agar komunitas pesantren di Indonesia mampu melahirkan mujahid, atau pejuang ekonomi," tuturnya.

Dengan pengembangan dan kemandirian ekonomi pesantren, kata Kiai Maruf, maka akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Wapres juga menyebut produk ekonomi dari pesantren di Jawa Timur sudah banyak dikenal luas dan diminati di berbagai daerah.