Aman dari Resesi, Ekonomi Singapura Tumbuh 0,7%

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 14/07/2023 11:14 WIB
Aman dari Resesi, Ekonomi Singapura Tumbuh 0,7% Salah satu sudut pemandangan di Kota Singapura (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM  - Ekonomi Singapura tumbuh 0,7 persen secara tahunan (yoy) pada kuartal kedua tahun 2023, terseret oleh penurunan yang lebih dalam di sektor manufaktur, perkiraan awal dari Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI) menunjukkan pada hari Jumat 14 Juli 2023.

Pecapaian ini sedikit lebih baik dari pertumbuhan tahun-ke-tahun Q1 sebesar 0,4 persen dan melampaui ekspektasi para ekonom sektor swasta. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan ekspansi 0,6 persen, sementara yang disurvei oleh Bloomberg terkontraksi 0,2 persen.

Secara kuartalan yang disesuaikan secara musiman, produk domestik bruto tumbuh 0,3 persen – berbalik dari penurunan 0,4 persen pada kuartal sebelumnya – dan membantu Singapura menghindari resesi teknis, yang didefinisikan sebagai dua kuartal berturut-turut mengalami kontraksi kuartalan.

Sektor manufaktur menyusut 7,5 persen tahun ke tahun, memburuk dari penurunan 5,3 persen pada kuartal sebelumnya.

Output menurun dari tahun ke tahun untuk semua kelompok manufaktur, kecuali rekayasa transportasi. Secara berurutan, kontraksi di sektor manufaktur melambat menjadi 1,3 persen di Triwulan ke-2, berkurang dari 4,5 persen sebelumnya.

Sektor konstruksi tumbuh 6,6 persen tahun ke tahun, melambat dari ekspansi 6,7 persen di Triwulan ke-1. Secara triwulanan, pertumbuhan konstruksi mencapai 2,6 persen, naik dari 0,3 persen di Triwulan ke-1


Berita Terkait :