BI Perkirakan Penjualan Eceran Pada Juni 2023 Meningkat

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 12/07/2023 10:30 WIB
BI Perkirakan Penjualan Eceran Pada Juni 2023 Meningkat Penjual Eceran di Pasar Rakyat (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kinerja penjualan eceran secara tahunan diperkirakan meningkat pada Juni 2023. Hal tersebut tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Juni 2023 sebesar 223,2, 

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, Rabu (12/7), mengatakan angka IPR ini tumbuh 8 persen jika dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya yang terkontraksi sebesar 4,5% (yoy). 

Peningkatan tersebut didorong oleh membaiknya pertumbuhan kelompok makanan, minuman, dan tembakau dan bahan bakar kendaraan bermotor yang pada bulan sebelumnya berada dalam fase kontraksi, serta subkelompok sandang yang melanjutkan tren pertumbuhan yang positif.

Secara bulanan, pertumbuhan penjualan eceran diperkirakan terkontraksi 0,1% (mtm) atau lebih baik dibandingkan dengan kontraksi pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 8,0% (mtm). Hal ini didorong oleh perbaikan penjualan subkelompok sandang, serta peningkatan pada kelompok perlengkapan rumah tangga.

Pada Mei 2023, IPR tercatat sebesar 223,5 atau secara tahunan terkontraksi sebesar 4,5% (yoy). Penurunan kinerja penjualan eceran terjadi pada mayoritas kelompok, terutama pada kelompok barang budaya dan rekreasi, makanan, minuman dan tembakau, serta perlengkapan rumah tangga. Secara bulanan penjualan eceran terkontraksi sebesar 8% (mtm). 

"Penurunan terjadi pada seluruh kelompok, terutama pada Subkelompok Sandang, kelompok makanan, minuman dan tembakau, serta barang budaya dan rekreasi sejalan dengan normalisasi konsumsi masyarakat setelah periode Ramadan dan Idulfitri 1444 H," ulasnya.


Berita Terkait :