Pemerintah Waspadai Resiko El Nino pada Inflasi Pangan

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 04/07/2023 14:38 WIB
Pemerintah Waspadai Resiko El Nino pada Inflasi Pangan Ilustrasi Lahan Kekeringan (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah mengatakan akan mewaspadai potensi risiko El Nino terhadap inflasi pangan di akhir tahun 2023.

“Upaya pengendalian inflasi secara menyeluruh akan terus diperkuat dengan koordinasi pusat dan daerah, termasuk dalam mengoptimalkan APBN dan APBD dalam menjaga stabilitas harga,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu dalam keterangan tertulis, Selasa 4 Juli 2023. 

Dia memaparkan beberapa program yang akan dilaksanakan adalah program edukasi ke petani terkait strategi tanam serta dorongan optimalisasi penggunaan infrastruktur pengelolaan air untuk meminimalkan risiko gagal panen.

Febrio menilai saat ini perkembangan perekonomian domestik masih positif dilihat dari  berlanjutnya tren penurunan inflasi hingga akhir semester I 2023. 

Adapun sebelumnya BPS mencatat inflasi bulan Juni 2023 sebesar 3,5% (yoy), menurun dari bulan Mei (4,0% yoy). Semua komponen pembentuk inflasi menunjukkan tren penurunan. 
 
Dari sisi pangan, inflasi harga pangan bergejolak (volatile food) juga terkendali. Berbagai kebijakan pengendalian harga pangan terus konsisten dilakukan.


Berita Terkait :