RI - USA Sepakati Kerjasama di Bidang Energi Bersih

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 17/03/2023 16:11 WIB
RI - USA Sepakati Kerjasama di Bidang Energi Bersih Pembangkit Energi Bersih (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia - Amerika Serikat menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) di bidang Energi Bersih. 

Kesepakatan ini akan menandai pendirian kelompok kerja untuk pengembangan energi bersih di Indonesia.

“MoU ini akan menjadi dasar hubungan kerjasama serta mendorong dan mempromosikan kerjasama bilateral di bidang energi bersih dan terbarukan di Indonesia,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam keterangan tertulisnya, Jumat 17 Maret 2023.

Ini akan mencakup berbagai bidang, seperti CCUS, keamanan siber, teknologi SMR, panas bumi, bioetanol, dan teknologi kota pintar untuk ibu kota baru, Ibu Kota Negara. Kerja sama ini juga akan menggantikan MoU Power Working Group yang sebelumnya ditandatangani pada 2015," ujar Rida dalam sambutannya setelah penandatangan MoU di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Kamis 16 Maret 2023.

Rida mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia akan menggunakan Working Group ini untuk mendukung tujuan elektrifikasi dan pembangunan ketenagalistrikan Indonesia, dengan fokus awal untuk membantu Indonesia mencapai 23% bauran energi dari EBT pada tahun 2025 dan mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Untuk menindaklanjuti penandatanganan ini, Pemerintah Indonesia mengundang badan usaha Amerika Serikat untuk berkolaborasi, tidak hanya untuk investasi tetapi juga meningkatkan teknologi transisi energi di Indonesia. "Dari sisi regulasi, Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2022 yang telah dikeluarkan, adalah wujud komitmen Pemerintah dalam upaya percepatan pengembangan EBT secara nasional," imbuhnya.


Berita Terkait :