Tesla Pilih Buka Kantor di Malaysia

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 13/03/2023 16:06 WIB
Tesla Pilih Buka Kantor di Malaysia Tesla (Doc: Gizmochina)

RADARBANGSA.COM - Tesla ternyata lebih memilih membuka kantor baru di Malaysia daripada di Indonesia. 

Pejabat tinggi pemerintah Malaysia yang membocorkan alasan Tesla milik Elon Musk membuka kantor baru di Malaysia.

Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia, Tengku Datuk Seri Zafrul Tengku Abdul Aziz mengungkapkan ada alasan mengapa Tesla akhirnya maumendirikan kantor di negaranya.

Pertimbangan penting Tesla, di antaranya ungkap Tengku Zafrul, yaitu terkait ekosistem kendaraan listrik dan elektronik yang ada di Malaysia, demikian seperti yang diungkapkan melalui cuitannya di Twitter, Senin 13 Maret 2023.

Tengku Zafrul juga mengatakan Tesla melihat Malaysia memiliki ekosistem listrik dan elektronik (E&E) yang kuat untuk mendukung produksi kendaraan listrik (EV).

Selain itu menurut Tesla, masih Zafrul ungkapkan, Malaysia merupakan produsen yang masuk dalam peringkat tujuh besar sebagai produsen di sektor E&E serta semikonduktor yang merupakan komponen utama dalam pembuatan EV.

“Faktor utama menarik tentang Malaysia adalah ekosistem E&E yang dapat mendukung industri EV,” terang Tesla seprti yang Tengku Zafrul sampaikan.

Tengku Zafrul menambahkan Tesla juga menyampaikan karena Malaysia merupakan pemasok sebagain besar rantai parts EV jadi kenapa tidak pindah ke sana.

Tengku Zafrul juga mengungkapkan Tesla akan mendirikan kantor pusat serta membangun Tesla Experience dan jaringan Supercharger. Tesla sendiri merupakan perusahaan pertama yang mengajukan diri dalam program BEV Global Leaders Malaysia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan permintaan kendaraan listrik di Malaysia.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhhut Binsar Pandjaitan menyebutkan Tesla berencana untuk investasinya di Indonesia. Namun diskusi itu seperti terhenti lantaran pihaknya tak lagi memberi kabar baru. 


Berita Terkait :