Lantik Pengurus HIPMI, Presiden Jokowi Ingatkan Jangan Takut Hilirisasi Industri

Rahmad Novandri | Senin, 20/02/2023 21:56 WIB
Lantik Pengurus HIPMI, Presiden Jokowi Ingatkan Jangan Takut Hilirisasi Industri Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kepada semua pihak agar tidak takut melakukan hilirisasi industri untuk mendapatkan nilai tambah, hanya karena adanya gugatan yang ditujukan kepada negara Indonesia.

"Meskipun kita sekarang ini pada proses banding digugat WTO, tetap akan terus. Jangan sekali-kali kita belok, kita takut," ujarnya saat menyampaikan arahan dalam acara Pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) masa bakti 2022-2025 di Jakarta, Senin, 20 Februari 2023.

Diungkapkannya, hilirisasi industri memberikan nilai tambah yang sangat besar, misalnya ekosistem baterai kendaraan listrik, dan industri otomotif listrik. "Untuk EV (electronic vehicle) ini kalau berjalan itu larinya bisa ke bawah bisa ke mana-mana. Karena industri supporting untuk membantu industri (EV) akan melahirkan ekonomi-ekonomi menengah dan kecil yang sangat bermanfaat bagi kita (Indonesia)," tukasnya.

Dia menekankan, meskipun tantangan hilirisasi industri tidak mudah, tetapi Indonesia tetap tidak akan berhenti. "Kita akan terus. Dan saya minta seluruh anggota Hipmi yang memiliki tambang nikel, baik bauksit, baik tembaga, baik timah, baik emas mulai siap-siap. Karena semuanya saya pastikan akan kita stop, kita stop, kita stop, kita stop," tegasnya. 


Berita Terkait :