Pemerintah Klaim Minyak Makan Merah Bisa Gantikan Migor Curah

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 11/11/2022 08:01 WIB
Pemerintah Klaim Minyak Makan Merah Bisa Gantikan Migor Curah Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menyatakan bahwa minyak makan merah bisa menjadi alternatif minyak goreng curah di masa depan, ini mengingat kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk tubuh. 

"Kita ingin mengangkat kembali harta karun di minyak ini karena punya banyak nutrisi. Ini akses paling cepat untuk memperbaiki gizi atau nutrisi dari makanan," kata Peneliti Hilirisasi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Frisda Rimbun Pandjaitan dalam keterangan resmi, Kamis 10 November 2022.

Frisda menjabarkan bahwa minyak makan merah memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, khususnya dalam kandungan pro vitamin A dan vitamin E. Kandungan ini dikatakan hampir tidak dimiliki oleh minyak makan lain di dunia.

"Ini hampir enggak dipunyai minyak manapun di dunia, hanya minyak sawit yang punya. Lebih powerfull. Selain itu mengandung fitosterol dan squalen yang mengatur metabolisme antara lemak jahat dan baik sehingfa jadi ada balancing," ujar Frisda.

Dia juga menegaskan bahwa Pemerintah melalui KemenKopUKM saat ini  sudah melakukan demo masak bersama Chef Juna terkait penggunaan minyak makan merah.

"Kami dapatkan gambaran minyak makan merah ini yang akan diproduksi sangat prospektif, rasanya juga jadi lebih enak, pasti lebih sehat karena kandungan protein sangat tinggi dan dapat dinikmati masyarakat dengan harga terjangkau," kata dia.

Adapun saat ini piloting pembangunan pabrik minyak makan merah tengah dilakukan di tiga titik yakni di Kabupaten Asahan, Kabupaten Langkat, dan Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara.

Piloting ini dilakukan melalui kerja sama dengan PTPN III yakni PPKS dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Tiga lokasi tadi sedang berproses untuk pembangunan pabrik minyak makan merah yang posisinya berdekatan dengan pabrik PPKS. Sehingga suplai CPO untuk minyak makan merah tidak lagi memerlukan logistik yang memakan waktu karena hanya 100 meter rata-rata sehingga hanya perlu dialiri pipa saja.