Pemerintah Optimis Target Dua Juta Motor Listrik Terpenuhi

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 05/10/2022 12:10 WIB
Pemerintah Optimis Target Dua Juta Motor Listrik Terpenuhi Salah satu merek kendaraan motor listrik (Doc: Viva)

RADARBANGSA.COM - Program percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai masih menjadi prioritas untuk pemerintah.

Pemerintah pun menargetkan produksi dua juta sepeda motor listrik di Indonesia dalam waktu dekat.

“Khusus untuk roda dua, ada target dari Bapak Presiden dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa segera memproduksi dua juta unit. Kami optimis jumlah tersebut bisa tercapai dalam waktu dekat,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulis Rabu 5 Oktober 2022.

Target dua juta sepeda motor listrik di tanah air dinilai sangat realistis, mengingat animo dari para investor untuk membuka fasilitas produksi motor listrik cukup besar.

Saat ini sudah ada 35 pabrikan otomotif yang siap memproduksi sepeda motor listrik dengan kapasitas satu juta unit kendaraan per tahun dan ditargetkan meningkat hingga dua juta unit hingga tahun depan.

“Dalam upaya mendukung ekosistem electric vehicle di tanah air, perlu kolaborasi yang baik dari setiap Kementerian/Lembaga, sebab masing-masing memiliki tugas berbeda dalam mendukung perkembangan kendaraan listrik nasional,”

Pihaknya akan mendukung sisi supply dan memastikan bahwa produksi dari kendaraan listrik bisa cepat tumbuh. Sementara kementerian/lembaga yang lain menyiapkan infrastrukturnya.


Berita Terkait :