Bandara Purbalingga akan Segera Layani Penerbangan Komersil

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 03/10/2022 10:37 WIB
Bandara Purbalingga akan Segera Layani Penerbangan Komersil Potret Pesawat Sriwijaya Air (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, akan kembali melayani penerbangan komersial.

Keenam kepala daerah di Jawa Tengah bagian barat dan selatan yakni: Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang, dan Kebumen, telah menyatakan komitmennya untuk menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat melalui blocking seat atau pembelian kursi.

Diketahui bahwa sebelumnya, Bandara JB Soedirman di Purbalingga, berhenti beroperasi lantaran pandemi Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan mulai bulan Oktober 2022, semua pihak baik pemda, operator penerbangan, serta operator bandara, sepakat berkomitmen menyelenggarakan tiga flight/penerbangan dalam satu minggu sebagai permulaan.

“Ini bukti adanya kekompakan dan kerja sama yang baik antara Kemenhub, pemda, operator bandara, serta maskapai, untuk memastikan adanya penerbangan di bandara ini,” ucap Menhub dalam keterangan tertulisnya, Senin 3 Oktober 2022.

Dalam setiap pembangunan infrastruktur, pemerintah memastikan infrastruktur yang telah dibangun harus dapat delivered atau dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kami ingin memastikan bandara ini berguna dan dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Menhub.

Menhub mengatakan, penerbangan dari dan ke Bandara JB Soedirman sangat potensial dan pelayanan penerbangan di bandara ini telah dinanti oleh masyarakat Purbalingga dan sekitarnya.

Keberadaan bandara ini diyakini akan memberikan banyak manfaat positif bagi kemajuan ekonomi masyarakat di Purbalingga dan sekitarnya.


Berita Terkait :