Harga Minyak Kembali Terangkat ke USD99 Per Barel

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 26/08/2022 15:51 WIB
Harga Minyak Kembali Terangkat ke USD99 Per Barel Kilang Minyak (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak mentah melesat USD1 pada pembukaan pasar Jumat.

Harga terangkat di tengah membaiknya permintaan bahan bakar, meski agak tersendar oleh keputusan The Federal Reserve tentang prospek kenaikan suku bunga.

Melansir Reuters, minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional 0,89%, menjadi USD99,88 per barel pada pukul pukul 15.47 WIB.

Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), meningkat 0,58%, menjadi USD93,6 per barel, demikian laporan Reuters, di Kuala Lumpur.

Kedua kontrak itu melonjak di awal perdagangan sebanyaknya USD1 lalu perlahan menyusut di sore hari.

Meski ada ketidakpastian atas laju kenaikan suku bunga di Amerika Serikat untuk mengatasi lonjakan inflasi, kekhawatiran tentang kehancuran permintaan minyak mereda pekan ini, menempatkan kontrak acuan minyak di jalur untuk kenaikan sekitar 3% untuk minggu ini.

Analis ANZ Research mengatakan komentar dari beberapa pejabat The Fed menjelang pidato Chairman Jerome Powell, Jumat, mengaburkan latar belakang ekonomi.

“Namun demikian, tanda-tanda permintaan yang kuat mengemuka,” kata analis ANZ Research, merujuk pada data pertumbuhan lalu lintas jalan raya.

Tingkat kemacetan di China juga meningkat lagi, kata ANZ, merujuk ke data Baidu.

Prospek Organisasi Negara Eksportir Minyak (OPEC) yang membatasi output untuk mengimbangi kenaikan produksi dari Iran juga mendukung harga.

TAG : Minyak , Brent , WTI