Pertamina Jadi Satu-satunya Perusahaan Indonesia di Fortune Global 500, Ini Peringkatnya

M. Isa | Selasa, 09/08/2022 22:53 WIB
Pertamina Jadi Satu-satunya Perusahaan Indonesia di Fortune Global 500, Ini Peringkatnya Nicke Widyawati resmi menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina (Persero), Rabu (29/8). (Foto: dialeksiscom)

RADARBANGSA.COM - PT Pertamina (Persero) kembali mengokohkan diri sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia sekaligus satu-satunya BUMN yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2022.

Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Erick Thohir mengataka, Pertamina berada di peringkat 223 atau naik 64 peringkat dibanding tahun 2021 yang berada diposisi 287.

"Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada direksi, komisaris, dan seluruh insan Pertamina yang bekerja keras dalam meningkatkan daya saing perusahaan di kancah internasional," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Senin 8 Agustus 2022.

Senada dengan Erick, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan upaya Pertamina meningkatkan daya saing tidak terhalang oleh pandemi, bahkan di tengah tantangan berat perusahaan, kinerja keuangan perseroan melonjak tajam di tahun 2021.

“Pertamina telah berhasil meningkatkan revenue dan laba bersih perusahaan dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Sebuah pencapaian yang luar biasa di tengah tantangan global dan pandemi yang belum berakhir,” ucap Nicke.

Nicke menambahkan, posisi Pertamina dalam Fortune Global di wilayah Asia Tenggara berada di peringkat 5 dan di Asia, Pertamina berada di peringkat 105 dari 227 perusahaan.

“Pertamina juga merupakan perusahaan peringkat 12 dari 24 perusahaan yang dipimpin Female CEO dan satu-satunya di kategori Petroleum Refining yang dipimpin Female CEO,” tukasnya.