Harga TBS Sawit di Kalimantan Anjlok ke Rp3.000 per Kg

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 07/07/2022 08:02 WIB
Harga TBS Sawit di Kalimantan Anjlok ke Rp3.000 per Kg Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia menyampaikan kekhawatiran mengenai anjloknya harga tandan buah segar (TBS) Kelapa Sawit.

Baru - baru ini, harga harga penjualan kelapa sawit di Kalimantan terjun bebas menjadi sekitar Rp3000 per kilogram. Hal tersebut berbeda dengan harga penjualan di Sumatera Selatan, yang bisa mencapai di kisaran Rp5000 per kg.

“Ya tapi semua terjunnya (harga sawit) barengan, Pak. Naiknya beda, terjunnya barengan nih, enggak enak kan gitu,” kata Kiky dalam keterangan resminya, Kamis 7 Juli 2022.

Kiky menilai, permasalahan harga jual terjadi karena efek domino yang terjadi seperti keputusan cabut ekspor yang kemudian dibuka kembali.

Sehingga menurut legislator daerah pemilihan (dapil) Sumatera Selatan I tersebut, permasalahan ini perlu diselesaikan dengan mengajak Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan duduk bersama menyelesaikan permasalahan tersebut.

Komisi IV DPR RI sebelumnya telah menyampaikan kepada Kementerian Pertanian untuk meminta data luasan lahan sawit dan hasil produktivitas sawit di masing-masing wilayah.

Menurutnya data tersebut akan menjadi rekomendasi dalam rapat selanjutnya bersama kementerian terkait guna menyelesaikan harga penjualan kelapa sawit yang anjlok.

“Supaya apa, ini mungkin bisa menjadi rekomendasi komisi IV melalui Kementerian Pertanian untuk di untuk disandingkan dengan kepentingan perdagangan bagaimana solusinya agar tidak terjun bebas,” ujar Kiky.

 

 

 


Berita Terkait :