Produksi Bawang Merah di Juni – Juli Akan Segera Normal

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 14/06/2022 08:03 WIB
Produksi Bawang Merah di Juni – Juli Akan Segera Normal Sektor Pertanian Bawang Merah (Doc: Harian Jogja)

RADARBANGSA.COM - Harga bawang merah yang merangkak naik sejak Mei 2022, diperkirakan tidak akan berlangsung lama. Diperkirakan produksi yang tadinya sempat seret pada April – Mei akan kembali ke titik normal pada Juni – Juli 2022.

“Pertengahan sampai dengan akhir Juni diharapkan pasokan sudah mulai normal,”kata Ketua Umum ABMI, Juwari dalam keterangan resminya, Selasa 14 Juni 2022.

Juwari mengatakan Tren kenaikan saat ini merupakan imbas dari penurunan luas tanam saat bulan Maret lalu. Tren penurunan produksi pada April – Mei disebabkan oleh anomali cuaca yang cukup ekstrim dan kurang bersahabat bagi petani bawang merah.
Akibatnya harga bawang merah di pasaran naik.

“Kenapa pasokan Mei sampai hari ini berkurang, karena memang penanaman di bulan Maret lalu kurang berhasil akibat cuaca yang tidak menentu. Kalaupun ada penurunan tidak separah tahun 2020 lalu, tahun ini masih lebih baik dan terkendali.” kata Juwari.

Berdasarkan data Early Warning System (EWS) Direktoral Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, produksi bawang merah nasional bulan April 2022 sebesar 157.121 ton sementara bulan Mei sebesar 153.513 ton. Jika diakumulasikan maka, produksi April-Mei 2022 turun 11% dari bulan sebelumnya.

 

TAG : Bawang merah

Berita Terkait :