Garuda Indonesia Dapat Suntikan Dana Rp7,5 Triliun

Anata Lu’luul Jannah | Minggu, 24/04/2022 12:11 WIB
Garuda Indonesia Dapat Suntikan Dana Rp7,5 Triliun Maskapai Garuda Indonesia (foto: tiket.com)

RADARBANGSA.COM - Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Irfan Setiaputra mengatakan jika Pemerintah akan segera menyertakan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp 7,5 triliun ke tubuh maskapai.

Irfan memastikan suntikan dana itu nantinya tak akan digunakan untuk membayar utang. Adapun total utang Garuda hingga Desember 2021 mencapai Rp139 triliun. 

"Untuk operasional (bukan untuk bayar utang)," ungkap Irfan dikutip MNC Portal News, Minggu 24 April 2022.

Ketua Panja Penyelamatan Garuda Indonesia Komisi VI, Martin Manurung mengatakan anggaran akan diperoleh Garuda, bila maskapai penerbangan ini mencapai kesepakatan damai dengan kreditur dalam skema Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dengan kreditur. Saat ini PKPU tengah berlangsung. 

"Panja menyetujui PMN sebesar Rp 7,5 triliun dari cadangan pembiayaan investasi APBN yang akan dicairkan jika Garuda mencapai kesepakatan damai dengan kreditur dalam PKPU," ungkap Martin Manurung.

Panja Komisi VI DPR juga meminta Kementerian BUMN dan direksi Garuda Indonesia melaksanakan secara konsisten terkait business plan, optimalisasi rute, jumlah dan tipe pesawat. 


Berita Terkait :