INALUM Gandeng UEA Dorong Hilirisasi Alumunium

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 08/04/2022 12:04 WIB
INALUM Gandeng UEA Dorong Hilirisasi Alumunium Industri Baja (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) (INALUM) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu perusahaan alumunium terbesar di di Uni Emirat Arab (UEA). Perusahaan ini adalah Global Aluminium (EGA).

Direktur Utama INALUM Hendi Prio Santoso mengatakan kerjasama dilakukan untuk mengekspansikam produk aluminium hingga 400 ribu ton pada tahun 2024, sekaligus untuk mendorong hilirisasi industri aluminium.

“Kami yakin kolaborasi ini akan memberikan pembaharuan yaitu dengan penerapan teknologi peleburan modern yang dimiliki oleh EGA di INALUM,” kata Hendi dalam keterangannya, Jumat 8 April 2022.

Kami juga menantikan pencapaian-pencapaian besar lainnya bersama EGA dalam ekosistem industri aluminium di Indonesia, baik yang sudah ada saat ini maupun proyek-proyek baru di masa depan”

Senada dengan hal itu, CEO EGA Abdulnasser bin Kalban mengatakan tujuan kerjasama ini  adalah untuk mengembangkan perusahaannya sebagai penyedia teknologi pilihan di industri serta untuk memperkuat hubungan antara kedua negara.

Dalam salah satu poin kesepahaman disebutkan bahwa INALUM dan EGA akan melakukan feasibility study dalam hal penggunaan teknologi EGA di Smelter INALUM Kuala Tanjung Sumatera Utara dalam rangka peningkatan produksi hingga 400.000 ton per tahun.

Perjanjian juga menyebutkan tentang penjajakan dalam segi investasi EGA di INALUM dalam rangka peningkatan value chain industri aluminium.

Diharapkan pula kesepahaman ini bisa mengeksplorasi potensi-potensi baru dalam sektor industri pengolahan aluminium yang belum dikembangkan di Indonesia.

TAG : Alumunium , EGA , UEA

Berita Terkait :