Wapres Maruf Amin: Pasar Ekspor Holtikultura Masih Sangat Besar

Rahmad Novandri | Rabu, 30/03/2022 21:16 WIB
Wapres Maruf Amin: Pasar Ekspor Holtikultura Masih Sangat Besar KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyampaikan bahwa pasar ekspor holtikultura atau budidaya tanaman kebun di Indonesia masih sangat besar dan bagus untuk dikembangkan. Hal tersebut disampaikan Wapres di sela kunjungan kerjanya mengikuti acara Panen Perdana Pisang Cavendish Dalam Rangka Program Pengembangan Hortikultura Berorientasi Ekspor, di Ponorogo, Jawa Timur, Rabu, 30 Maret 2022.

"Saya kira kita ingin hortikultura yang memiliki pasar bagus ini, kita kembangkan. Informasi yang saya terima, pasar ekspornya masih satu persen, jadi peluang pasarnya masih besar sekali," ujar Kiai Maruf.

Diungkapkannya, pemerintah ingin mengembangkan sektor pertanian agar masyarakat dapat sejahtera tinggal di desa, karena ada daya tarik dalam pengembangan sektor pertanian. Pengembangan sektor pertanian dilakukan dengan membangun kemitraan antara pemerintah dan lembaga keuangan dengan para petani.

Salah satu pilot project program kemitraan yang telah dilakukan adalah budidaya pisang cavendish yang saat ini sudah berhasil dikembangkan dan diekspor. "Sudah berhasil dikembangkan di beberapa daerah, di Aceh, Lampung, Jawa Timur, bahkan di Jawa Barat yakni Garut dan Sukabumi, kemudian di Bali, di Jembrana," tuturnya.