Imbas Sanksi Ekonomi, Rusia Keluarkan Larangan Ekspor 200 Produk

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 11/03/2022 14:28 WIB
Imbas Sanksi Ekonomi, Rusia Keluarkan Larangan Ekspor 200 Produk Presiden Rusia, Vladimir Putin (Doc: VOA)

RADARBANGSA.COM - Rusia resmi mengumumkan larangan ekspor untuk ratusan produk ke luar negeri menyusul sanksi global yang dijatuhkan terhadap impor Rusia.

Mengutip Kantor Berita Rusia, Moskow pada Kamis mengumumkan lebih dari 200 produk buatan dalam negeri, yang didalamnya termasuk peralatan teknis, telekomunikasi , medis dan sebagaiannya.

"Daftar tersebut mencakup peralatan teknis, telekomunikasi dan medis, kendaraan, mesin pertanian, peralatan listrik - total lebih dari 200 item, termasuk gerbong dan lokomotif, kontainer, turbin, mesin pengolah logam dan batu, monitor, proyektor, konsol dan panel, " kata pernyataan itu, Jumat 11 Maret 2022.

Adapun larangan ini diberlakukan hingga akhir tahun 2022. Pemerintah setempat menyatakan perlu mengambil langkah ini demi stabilitas ekonomi Rusia.

"Langkah ini diperlukan untuk memastikan stabilitas di pasar Rusia," tegas kabinet. Keputusan itu dibuat sesuai dengan Keputusan Presiden "Tentang penerapan tindakan ekonomi khusus di bidang kegiatan ekonomi asing untuk memastikan keamanan Federasi Rusia," pungkas pernyataan tersebut.

Perlu diketahui, Rusia merupakan pemasok migas dan gandum terbesar di dunia. Jika Rusia sampai memberhentikan ekspor gandum, maka dunia perlu memikirkan alternative baru untuk bahan pangan.

Di sisi lain, minyak dan gas juga menjadi kebutuhan primer di dunia, yang menyalurkan bahan bakar minyak (bbm) di kendaran, avtur di pesawat dan gas untuk keperluan pendingin ruangan, memasak dan sebagaiannya.

 


Berita Terkait :