Pengguna Paylater Meningkat 55% Selama Pandemi

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 17/02/2022 16:28 WIB
Pengguna Paylater Meningkat 55% Selama Pandemi lustrasi Online Shopping (Doc: Money Crasher)

RADARBANGSA.COM – Fitur Paylater yang kini marak di platform belanja digital terbukti banyak menarik minat pelanggan. Paylater kini suda menjadi hal umum diantara para shoppers, bahkan kata – katanya fitur ini sangat membantu kebutuhan mereka.

Melacak dari Riset Perilaku Konsumen E-Commerce Report 2021, diungkapkan bahwa nyatanya pengguna paylater di Indonesia meningkat selama pandemi dengan 55.

Di Asia Tenggara, terutama di Singapura, India, dan Filipina, paylater telah menguasai setidaknya 3% dari market share transaksi di e-commerce. Sementara itu, secara global, pertumbuhan industri paylater juga diprediksi meningkat hingga 2 kali lipat pada periode 2020-2024.

 General Manager Kredivo, Lily Suriani, mengungkapkan bahwa sejak hadir di Indonesia 2016 lalu, penetrasi paylater di Indonesia masih berada pada tahap awal, bahkan belum cukup familiar di beberapa kalangan masyarakat Indonesia.

"Namun, saat ini industri paylater telah menjadi industri yang terus bertumbuh secara signifikan dalam waktu relatif cepat. Kebutuhan masyarakat akan opsi metode pembayaran fleksibel di tengah rendahnya penetrasi kartu kredit di Indonesia masih menjadi faktor utama bagi pertumbuhan industri ini," ungkap Lily dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis 17 Februari 2022.

Lily mengatakan potensi pengembangan industri paylater juga terus beriringan dengan pengembangan industri e-commerce. Hal ini tercermin dari preferensi konsumen dalam memilih metode pembayaran digital untuk berbelanja di e-commerce dengan 27% responden menggunakan paylater untuk berbelanja di e-commerce paling tidak satu kali dalam setahun terakhir, bersaing dengan  metode pembayaran e-wallet dan transfer bank.

"Sementara itu, transaksi paylater di e-commerce Indonesia juga mengalami peningkatan hingga 8,7 kali. Sektor e-commerce menjadi salah satu fokus utama kami dalam meningkatkan penetrasi setiap tahunnya. Kredivo pun telah melakukan integrasi fitur paylater dengan wallet share setidaknya 50% di mayoritas merchant e-commerce di Indonesia," pungkas Lily. 

 

 


Berita Terkait :