Wapres Maruf Amin Dorong UMKM Indonesia Naik Kelas, Jangan Sampai `Stunting`

Rahmad Novandri | Kamis, 27/01/2022 16:27 WIB
Wapres Maruf Amin Dorong UMKM Indonesia Naik Kelas, Jangan Sampai `Stunting` KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mendorong agar UMKM di Indonesia bisa naik kelas. Ia berharap jangan sampai seperti terkena penyakit `Stunting` yakni tidak besar-besar.

"Jangan UMKM kita itu terkena penyakit stunting. Tidak besar-besar. Kerdil terus," kata Kiai Maruf saat `Kick Off Gerakan Nasional Sinergitas Menuju Indonesia Pusat Produsen Halal Dunia 2024`, Kamis, 27 Januari 2022.

Diungkapkannya, usaha mikro dan kecil yang saat ini mendominasi diharapkan dapat menjadi usaha menengah hingga menjadi besar. Bahkan, lanjutnya, dapat masuk dan bersaing di pasar global.

“Diantara 64 juta pelaku usaha di Indonesia jumlah pelaku usaha mikro masih mendominasi sekitar 98,6% dan usaha kecil hanya 1,2%. Data-data ini perlu kita cermati dengan optimisme dan semangat yang tinggi. Terutama untuk terus bersinergi dan berpartisipasi nyata guna mendukung semakin banyaknya naik kelas, UMKM naik kelas dan masuk ke pasar global,” paparnya seperti dilansir dari okezone.

Kiai Maruf menuturkan, perkembangan konektivitas digital juga semakin membukakan peluang bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produknya pada etalase digital seperti marketplace maupun media sosial. “Peluang-peluang ini harus dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja ekspor produk UMKM. Seperti melalui digitalisasi pengelolaan dan pemasaran produk halal hingga mampu menembus persaingan pasar global,” tukasnya.